nusabali

Kodam Bantu Perbaikan Rumah Warga

  • www.nusabali.com-kodam-bantu-perbaikan-rumah-warga

AMLAPURA, NusaBali
Kodam IX/Udayana membantu berupa perbaikan sejumlah rumah warga. Ada juga warga diberi bantuan bedah rumah.

Pasi Teritorial Kodim 1623/Karangasem Kapten Inf Arif Budi Santoso mengkoordinasikan perbaikan rumah itu, salah satunya di Banjar Kanginan, Desa Pesedahan, Kecamatan Manggis, Karangasem, Jumat (10/2). Kapten Arif Budi Santoso mengatakan bantuan di Banjar Kanginan, Desa Pesedahan untuk dua KK. Turut memantau pengerjaan rumah itu, Danramil Manggis Kapten CAJ I Nyoman Mangku.

Di Desa Pesedahan selain membantu perbaikan rumah untuk I Gusti Gede Dangin juga membantu bedah rumah, untuk warga Ni Nengah Suasti, karena selama ini tidak memiliki rumah layak huni, sehingga pembangunannya dari awal. "Ini program untuk masyarakat, bantuan dari Kodam IX Udayana, sebagai wujud kepedulian TNI terhadap rakyat," jelas Kapten Arif Budi Santoso.

Selain di Desa Pesedahan, katanya, jajaran Kodam juga membantu perbaikan rumah dalam program rebah rumah tinggal layak huni, berlangsung di Banjar Pejongan, Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem untuk warga Ni Wayan Tirka, di Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem untuk I Nengah Kutang, di Banjar Bugbug Kelod, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem untuk I Nengah Kantoran, dan di Banjar Desa Tengah, Desa/Kecamatan Bebandem untuk Ni  Wayan Kaler.

Kapten Arif Budi Santoso mengatakan, warga masyarakat dapat bantuan perbaikan rumah dan bedah rumah tersebut, merupakan warga yang benar-benar kurang mampu berdasarkan survei dari anggota Babinsa (Bintara Pembina Desa) setempat. Sehingga bantuannya tepat sasaran. "Terlebih dahulu anggota Babinsa melakukan survei di wilayah binaannya, selanjutnya hasil survei dikaji tim, setelah  dapat penilaian layak, maka dapat bantuan rehab," tambahnya.

Di bagian lain, Danramil Karangasem Kapten CPl I Gusti Made Darsana mengatakan pemberian bantuan ini diawali Babinsa survei ke lokasi. Hasil survei dievaluasi kembali sehingga menemukan sejumlah warga kurang mampu yang benar-benar membutuhkan bantuan.

"Hasil survei itu menetapkan warga di Lingkungan Jasri Kelod, Banjar Bugbug Kelod, dan Banjar Pejongan dapat bantuan rehab rumah,” jelas Kapten Gusti Made Darsana.

Danramil Manggis Kapten CAJ I Nyoman Mangku mengatakan bantuan rehab bedah rumah juga diberikan kepada warga di Banjar Kanginan, Desa Pesedahan, Kecamatan Manggis. “Melalui bantuan itu juga TNI kembali menumbuhkan semangat gotong royong kepada warga agar turut membantu melakukan perbaikan," jelas Kapten I Nyoman Mangku.

Perbekel Bebandem I Gede Partadana mengapresiasi bantuan dari TNI untuk warga yang memerlukan bantuan rehab rumah. "Bantuan itu sangat berarti bagi warga kurang mampu," jelasnya. *k16

Komentar