nusabali

KMHDI Resahkan Organisasi Anti Pancasila

  • www.nusabali.com-kmhdi-resahkan-organisasi-anti-pancasila

Sejumlah organisasi kemahasiswaan menemui Menteri Sekretaris Negara (Mensekneg) Pratikno, termasuk PP Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) pada Rabu (31/5) kemarin di Kementerian Sekretariat Negara.

JAKARTA, NusaBali
Selain KMHDI, ada juga PB-GMNI, PP-PMKRI, PP-GMKI, dan PP-HIKMAHBUDHI. Mereka menyampaikan aspirasi mahasiswa Indonesia terkait kondisi kebangsaan saat ini, khususnya terkait ideologi bangsa Pancasila dan keutuhan NKRI. Pertemuan berlangsung secara santai selama dua jam lebih serta diisi dengan buka puasa bersama.
 
“Pertemuan kemarin adalah bentuk komitmen kami sebagai mahasiswa Indonesia dalam menjaga keutuhan Pancasila dan NKRI," ujar Presidium PP KMHDI Putu Wiratnaya kepada NusaBali, Kamis (1/6). Pria yang biasa disapa Wirat ini mengatakan, pertemuan digagas karena ada rasa kekhawatiran mereka terhadap munculnya kelompok anti Pancasila.
 
Kelompok tersebut dapat memicu perpecahan ditengah-tengah keberagaman Indonesia. Adanya peringatan hari lahirnya Pancasila dapat menjadi momentum penguatan kembali falsafah Pancasila. Pemerintah pun, kata Wirat, perlu mengambil langkah tegas terhadap kemunculan kelompok anti Pancasila itu.
 
“Sebagai organisasi mahasiswa, kami merasa resah dengan keberadaan organisasi-organisasi anti Pancasila. Pemerintah perlu mengambil langkah strategis dengan menguatkan konstitusi negara dalam menjaring musuh-musuh Pancasila ini,” tegas Wirat. Keresahan organisasi mahasiswa itu, mendapat tanggapan dari Mensekneg.
 
Mensekneg, imbuh Wirat, menyatakan pemerintah memiliki komitmen kuat untuk menegakkan konstitusi. Mensekneg menghimbau kepada organisasi kemahasiswaan nasional untuk kembali menguatkan basis masa nasionalis di kampus-kampus.
 
Komitmen Terpisah, umat Hindu melalui organisasi Hindu tingkat nasional menandatangani komitmen mereka terhadap Pancasila. Mereka mendatangani komitmen tersebut saat Simakrama Kebangsaan yang digelar DPN Peradah Indonesia dan PP KMHDI untuk memperingati hari lahir Pancasila pada 1 Juni di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen.

“Ini merupakan komitmen kami terhadap Pancasila. Kami menyatakan tegas cinta NKRI dan tidak ada sedikit pun ingin lepas dari NKRI, NKRI harga mati. Pancasila adalah nafas, jiwa dan spirit kami,” tegas Ketua Umum DPN Peradah Indonesia D. Sures Kumar, Kamis (1/6).

Penandatanganan komitmen dilakukan pada lima buah spanduk. Isinya tentang kesetiaan umat Hindu terhadap Pancasila. “Satu spanduk kami sampaikan ke presiden Joko Widodo, agar beliau mengetahui komitmen kami menjaga NKRI dan Pancasila,” imbuhnya. Satu spanduk mereka berikan kepada Panglima TNI sebagai garda nomor satu penjaga NKRI, satu spanduk ke Kapolri sebagai penjaga NKRI nomor dua. Lalu satu spanduk mereka berikan kepada Ketua MPR RI sebagai penjaga konstitusi dan satu spanduk lagi mereka jadikan arsip. *K22

Komentar