nusabali

Guardiola Diminta Tinggalkan ManCity

  • www.nusabali.com-guardiola-diminta-tinggalkan-mancity

MANCHESTER, NusaBali
Manchester City dikabarkan meminta manajer Pep Guardiola meninggalkan klub sebelum potensi hukuman karena melanggar banyak peraturan keuangan atau financial fair play.

Ya, Premier League mengungkapkan, The Citizens didakwa melanggar lebih dari 100 peraturan keuangan setelah penyelidikan selama empat tahun. Namun City membantah tuduhan tersebut dan menyebutkan memiliki bukti kuat.

Tuduhan tersebut terkait informasi keuangan soal pendapatan, perincian remunerasi manajer dan pemain dalam kontrak yang relevan, peraturan UEFA, profitabilitas dan keberlanjutan, serta kerja sama dengan investigasi Premier League.

Jika komisi independen memutuskan City bersalah atas pelanggaran tersebut, mereka dapat menghadapi sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya, seperti larangan transfer, denda, pengurangan poin, atau pengusiran dari Liga Inggris.

Menurut The Athletic, anggota staf di belakang layar Man City mengharapkan Guardiola meninggalkan Stadion Etihad sebelum kemungkinan sanksi dijatuhkan terhadap klub.

Laporan itu menambahkan, Guardiola menjadi tokoh senior pertama di City yang diberitahu tentang dakwaan oleh Liga Premier sebelum berita itu dipublikasikan pada Senin (6/2).

Pada Februari 2020, The Citizens didenda 25 juta Euro dan diberi larangan Liga Champions selama dua tahun oleh UEFA karena pelanggaran serius terhadap lisensi klub dan peraturan financial fair play antara 2012 dan 2016.

Namun, hukuman itu dibatalkan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dan denda dikurangi menjadi 9 juta Euro karena sebagian besar dugaan pelanggaran tidak ditetapkan atau dibatasi waktu.

Guardiola selalu membela City setelah tuduhan itu, tetapi musim lalu dia bersumpah untuk mengundurkan diri dari jabatannya jika menemukan kepala klub telah berbohong kepadanya tentang urusan keuangan klub.

Guardiola memenangkan 11 trofi selama 6,5 tahun masa suksesnya di City, dengan mengangkat empat gelar Liga Inggris, empat Piala EFL, satu Piala FA, dan dua Community Shields, serta final Liga Champions 2021.  Kini City di urutan kedua klasemen , lima poin di belakang Arsenal di puncak klasemen.
Selain Guardiola, Erling Haaland juga bisa ikut hengkang.

Menurut laporan 90min via Bavarian Football Works, muncul spekulasi Erling Haaland difavoritkan kembali ke Bundesliga apabila harus berpisah dari City menyusul kasus FFP yang membelit klubnya.

Bayern Muenchen dikhabarkan dapat menampung Haaland. Hanya saja, klub raksasa Bundesliga itu harus menebus Haaland dengan harga besar. Dari data transfermarkt, harga Haaland mencapai angka 170 juta pounds atau sekitar Rp 3,1 triliun dalam klausul rilisnya. *

Komentar