nusabali

Perpustakaan Buka Layanan di Alun-alun

  • www.nusabali.com-perpustakaan-buka-layanan-di-alun-alun

BANGLI, NusaBali
Unit Layanan Perpustakaan Keliling Pemkab Bangli membuka layanan baca di Alun-alun Bangli. Layanan dimulai sejak Jumat (3/2).

Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Setda Bangli Ida Bagus Widnyana mengatakan Layanan Perpustakaan Keliling kini hadir di Alun-alun Bangli. Layanan di alun-alun ini merupakan program tambahan dari kegiatan rutin yang sudah berjalan.

"Perpustakaan keliling diagendakan secara rutin ke sekolah-sekolah, khususnya di wilayah yang sulit terjangkau. Salah satunya di Kecamatan Kintamani," jelasnya, Minggu (5/2).

Lebih lanjut, dia mengatakan tujuan utama fasilitas perpustakaan keliling adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat Bangli. Pemilihan Alun-alun Bangli, sebagai lokasi Layanan Perpustakaan Keliling karena tempat ini cukup mudah diakses masyarakat. "Alun-alun Bangli merupakan alternatif tempat rekreasi bagi masyarakat di Kota Bangli. Tidak hanya anak-anak sekolah, namun juga masyarakat umum," sebutnya.

Disampaikan, perpustakaan keliling di sekolah  pelaksanaannya saat jam sekolah. Sedangkan di Alun-alun Bangli, pada siang setelah jam sekolah. Sesuai hasil uji coba layanan pada Jumat lalu, antusias masyarakat terutama anak-anak sekolah, cukup tinggi. Sesuai agenda yang telah dijadwalkan, perpustakaan keliling di Alun-alun Bangli akan dilaksanakan dua kali dalam sepekan, yakni Rabu dan Jumat. Sedangkan jam operasionalnya dimulai dari pukul 13.00 wita hingga 17.00 Wita.

Salah seorang pengunjung unit layanan, Ni Nengah Widi Ariastini mengatakan anaknya yang baru pertama melihat perpustakaan keliling sangat antusias dan mengajaknya untuk meminjam buku. Karena selain bisa bermain di Alun-alun, di tempat ini, anak-anak juga bisa membaca buku. "Seperti anak-anak saya yang baru belajar membaca, otomatis terbantu dengan keberadaan perpustakaan keliling," ungkapnya. Dia berharap fasilitas perpustakaan keliling di Alun-alun Bangli lebih digencarkan.*esa

Komentar