nusabali

Pemancing Tewas Dihantam Ombak

  • www.nusabali.com-pemancing-tewas-dihantam-ombak

Selama ini korban dan rekan-rekannya telah terbiasa memancing di Pantai Baong Penyu tersebut, namun ombak besar kemarin di luar dugaan korban.

Saat Asyik Mancing di Karang Pantai Baong Penyu Padangbai


AMLAPURA, NusaBali
Seorang pemancing I Nyoman Buda, 24, asal Banjar Abiancanang, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis. Karangasem, tewas dihantam ombak. Saat kejadian, ada empat orang tengah memancing termasuk korban, tetapi tiga lainnya berhasil menghindari hantaman ombak.

Keempat orang itu memancing dari puncak karang, dan batu, lokasi kejadian di Pantai Baong Penyu, Banjar Segara, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, pukul 13.00 Wita, Selasa (30/5). Mereka selama ini telah terbiasa memancing ikan di lokasi tersebut di sebelah timur Pura Dang Kahyangan Silayukti, Desa Padangbai. Mulanya yang datang ke lokasi Pantai Baong Penyu, I Wayan Tambun, 30, asal Banjar Abiancanang. Berselang satu jam sekitar pukul 12.00 Wita, datang tiga rekannya sekampung, yakni korban I Nyoman Buda, bersama dua rekannya I Ketut Bentir dan I Nyoman Narmi.

Mereka memancing berempat, tiga orang memancing dari puncak karang dan I Wayan Tambun dari atas batu besar.

Setelah I Wayan Tambun dapat lima ekor ikan tongkol, lalu dia menyuruh korban I Nyoman Buda mengambil ikannya agar dibawanya. Hanya satu ekor ikan tongkol diambil korban I Nyoman Buda, kemudian korban I Nyoman Buda kembali ke posisi semula. Tiba-tiba ombak besar datang dari arah timur menghantam karang dan batu tempat berpijak para pemancing. Wayan Tambun cepat tanggap saat ombak besar datang, langsung menghindar, sehingga selamat dari gempuran ombak. Begitu juga rekannya, I Ketut Bentir dan I Nyoman Narmi.

Hanya korban I Nyoman Buda kurang tanggap atas datangnya ombak besar hingga jatuh terpeleset ke laut, kemudian digulung ombak bertubi-tubi. Hal itu membuat rekan-rekan korban panik untuk mencari pertolongan. Saksi I Wayan Tambun berupaya minta tolong kepada nelayan yang lewat membawa jukung, hanya saja tidak dihiraukan. Menyusul datang jukung mengangkut wisatawan sehabis berwisata diving memberikan pertolongan dengan mengevakuasi korban yang saat itu mengenakan kaos kuning dan celana jin biru.

Ternyata korban telah lemas, dari mulutnya mengeluarkan busa. Meski demikian berupaya diantar ke Puskesmas Manggis I di Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, jasadnya diperiksa dr I Made Sudarba. “Kami menerima korban, dalam kondisi tidak bernyawa. Kami di sini hanya merawat jenazah korban,” jelas dr I Made Sudarba.

Saksi I Wayan Tambun mengatakan, selama ini telah terbiasa memancing di Pantai Baong Penyu. “Tumben ombaknya begitu keras, hingga menghantam karang,” kata Wayan Tambun.

Kasatpol Air Polres Karangasem, AKP I Made Wartama membenarkan kejadian itu. “Saya sering imbau para pemancing agar berhati-hati memancing dari puncak batu karang, salah-salah datang ombak besar menghantam bisa jatuh terpeleset,” kata AKP Wartama. *k16

Komentar