nusabali

Sidak Jajanan Mengandung Nitrogen Cair di Arena CFD

  • www.nusabali.com-sidak-jajanan-mengandung-nitrogen-cair-di-arena-cfd

DENPASAR, NusaBali
Jajaran Puskesmas 1 Denpasar Timur melakukan sidak terhadap jajan seperti ice smoke atau ciki ngebul di arena car free day (CFD) kawasan Niti Mandala, Denpasar, Minggu (29/1).

Sidak tersebut dilakukan untuk menghindari jajanan mengandung nitrogen cair yang berbahaya jika dikonsumsi.  Dari hasil sidak tersebut belum ditemukan adanya penggunaan nitrogen cair pada produk makanan yang dijajakan.

Kepala UPTD Puskesmas 1 Kecamatan Denpasar Timur dr I Gusti Ayu Mirah Herawati, mengatakan pemantauan kali ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Kemenkes serta Dinas Kesehatan Provinsi Bali terkait Pengawasan terhadap Penggunaan Nitrogen Cair pada Produk Pangan Siap Saji.

Untuk pemantauan kali ini, khususnya di wilayah Puskesmas 1 Kecamatan Denpasar Timur memang belum ditemukan jajanan yang mengandung nitrogen cair. “Kami mengimbau kepada pedagang maupun pembeli untuk tidak menjual dan membeli makanan yang menggunakan nitrogen cair, karena itu sudah dilarang penggunaanya untuk makanan, dan berbahaya,” kata Mirah Herawati.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terhadap kesehatan masyarakat, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap makanan yang mengandung nitrogen. “Kami akan terus lakukan pemantauan khususnya di wilayah Denpasar Timur,” ucapnya. *mis

Komentar