nusabali

Musorkab KONI Karangasem Perebutkan 36 Voter

  • www.nusabali.com-musorkab-koni-karangasem-perebutkan-36-voter

AMLAPURA, NusaBali
Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Karangasem berpotensi memperebutkan 36 voter, yang didominasi suara Pengkab Cabor.

Musorkab dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum KONI Karangasem 2023-2027 itu akan  digelar pada Maret 2023.  "Untuk jumlah Pengkab Cabor sebenarnya ada 36, tapi dua cabor tidak aktif. Selain suara dari cabor, ada juga satu suara dari KONI Bali, dan satu suara dari pengurus KONI Karangasem demisioner," kata salah satu sumber di lingkaran KONI Karangasem, Minggu (22/1).

Sedangkan ke-36 cabor di bawah KONI Karangasem,yakni Pengkab PJSI, Perbasasi, FORKI, IPSI, PTMSI, PBVSI, ISSI, IODI, Pergatsi, Pertina, PRSI, Taekwondo Indonesia (TI), FOPI, Askab PSSI, PSTI, FPTI, Pexi, Perpani, PASI, Wushu, Percasi, Perkemi, Kodrat, PBSI, PELTI, Persani, Perbakin, FYI, IWba, AFKAB, POBBSI, Muaythai, Esport, Rugby, GABSI.

"Dari 36 Pengkab Cabor itu Federasi Yongmoodo Indonesia dan Esport masih tidak aktif," beber sumber itu.  Dikonfirmasi terpisah Sekum KONI Karangasem Putu Pasek Jaya mengakui ada rencana menggelar Musorkab dengan agenda utama pemilihan ketua umum KONI Karangasem periode 2023-2027 pada Maret nanti. Menurut Pasek Jaya, kepastian jadwal Musorkab masih menunggu keluarnya anggaran hibah KONI Karangasem pada 2023.

"Kalau tidak Maret bisa saja nanti Musorkab dihelat pada April 2023, karena harus menunggu dana keluar," kata Pasek Jaya, yang juga birokrat di Disdikpora Karangasem itu.

Sebelum Musorkab berlangsung, kata Pasek Jaya,  pihak KONI Karangasem akan lebih dulu membentuk panitia Musorkab yang saat ini sedang dirancang. Selain itu, juga mengecek kembali  kepastian para pemegang suara atau voter pada Musorkab nanti.

Sedangkan Ketum KONI Karangasem Putu Toya menambahkan,masa jabatan KONI Karangasem 2019-2023 akan berakhir pada pertengahan Mei nanti. Untuk itu, kata Putu Toya, pihaknya akan segera menggelar Musorkab paling lambat April 2023.

"Untuk voter kita akan cek dulu masa berlaku SK kepengurusan Pengkab cabornya, tapi untuk sementara ada sekitar 34 voter nantinya. Yang jelas pada bulan Februari /Maret kita bentuk panitia langsung kerja persiapan menggelar Musorkab," beber Putu Toya.

Sementara itu persaingan Ketua KONI Karangasem mulai bergeser, setelah pejabat publik tidak dilarang sesuai undang - undang olahraga terbaru. Bahkan kini banyak bermunculan di berbagai daerah lain , termasuk KONI Kabupaten Jembrana yang saat ini dikomando I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) yang juga Wakil Bupati Jembrana. *dek

Komentar