nusabali

Atasi Vietnam, Thailand Juara Piala AFF 2022

  • www.nusabali.com-atasi-vietnam-thailand-juara-piala-aff-2022

BANGKOK, NusaBali
Tim Nasional (Timnas) Thailand memastikan diri menjadi juara Piala AFF 2022, setelah mengalahkan Vietnam 1-0 pada laga leg kedua final turnamen tersebut, di Stadion Thammasat, Rangsit, Bangkok, Senin (16/1) malam.

Dengan keunggulan 1-0 itu, secara agregat Thailand menang 3-2 atas Vietnam. Gol kemenangan Thailand diciptakan sang kapten, Theerathon Bunmathan di menit 24. Saat tertinggal itu, Vietnam terus mencoba mengejar. Namun, tak satu pun gol berhasil diciptakan pasukan Park Hang-seo tersebut.

Dengan begitu, Thailand meraih gelar Piala AFF untuk ketujuh kalinya. Gelar tersebut juga menjadi gelar back-to-back mereka karena pada Piala AFF 2020, Thailand juga keluar sebagai juara usai mengalahkan Timnas Indonesia.

Piala AFF adalah kejuaraan sepakbola internasional antarnegara-negara di kawasan Asia Tenggara. Turnamen ini digelar setiap dua tahun sekali oleh Federasi Sepakbola ASEAN (AFF).

Turnamen dimulai sejak 1996 dengan nama Piala Tiger merujuk pada sponsor Tiger Beer. Lalu pada 2007 berganti jadi Piala Suzuki AFF atas alasan sponsor Suzuki. Selanjutnya diubah jadi Piala Mitsubishi electric AFF atau AFF Mitsubishi Electric Cup sejak 2022.

Dikutip dari website AFF, sepanjang turnamen pada 1996 hingga 2022, Thailand merajai turnamen ini dengan delapan gelar, diikuti Singapura (4), Vietnam (2), dan Malaysia (1). Sayang Indonesia belum pernah juara Piala AFF dan hanya selalu menjadi runner-up dengan jumlah terbanyak, yakni enam kali.

Dalam laga di depan pendukung sendiri, The War Elephants —julukan Thailand— langsung tancap gas sejak laga dimulai. Mereka bermain dalam tempo cepat dan membuat Vietnam kerepotan.

Tim Alexandre Polking nyaris mencetak gol pembuka lewat Adisak Kraisorn yang merebut bola dari kesalahan bek Vietnam Bui Hoang Viet Anh. Namun, tendangan Kraisorn melebar ke samping kiri gawang.

Vietnam  juga gantian mengancam bek tim tuan rumah lewat pergerakan Nguyen Hoang Duc yang menusuk ke kotak penalti dari sisi kanan. Namun, tendangannya melambung jauh di atas mistar gawang.

Pada menit 24 serangan Thailand membuahkan gol. Tendangan jarak jauh Theerathon Bunmathan merangsek deras ke dalam gawang hingga membuat Dang Van Lam tak berkutik. Skor berubah 1-0.

Namun armada Park Hang Seo punya kesempatan menyamakan kedudukan pada menit 27 setelah Nguyen Tien Linh lolos dari jebakan offside ketika menerima umpan terobosan dari lini tengah. Namun striker Vietnam itu malah menendang bola jauh dari sasaran.

Setelah itu, pertandingan berjalan cukup alot hingga memasuki menit-menit akhir, tapi laga juga semakin keras karena kedua tim saling jegal di lini tengah dan terlibat dalam pelanggaran yang keras. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan The War Elephants tetap bertahan hingga akhir pertandingan. 7

Susunan Pemain
Thailand (5-3-2): Kampol Pathomakkakul; Suphanan Bureerat, Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Weerathep Pomphan, Sasalak Haiprakon; Peeradon Chamratsamee, Theeraton Bunmathan, Sarach Yooyen; Poramet Arjvirai, Adisak Kraisorn
Pelatih: Alexandre Polking

Vietnam (5-3-2): Dang Van Lam, Vu Van Thanh, Bui Hoang Viet Anh, Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Binh, Doan Van Hau; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tuan Anh; Nguyen Tien Linh, Phan Van Duc. Pelatih: Park Hang-seo

Komentar