nusabali

Giliran Kadis PUPR Badung yang Diperiksa

  • www.nusabali.com-giliran-kadis-pupr-badung-yang-diperiksa

Dugaan Penyimpangan Proyek Tukad Mati

DENPASAR, NusaBali
Penyidikan kasus dugaan penyimpangan dalam pengerjaan proyek sandaran Tukad Mati di Legian, Kuta, Badung dilanjutkan dengan pemeriksaan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Badung, IB Surya Suamba di Kejari Denpasar pada, Selasa (23/5).

Kajari Denpasar, Erna Noormawati mengatakan selain Kadis PUPR, Suamba, juga diperiksa sebagai saksi AA Gede Dalem, Anggota Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) I Gede Sumaradana. Erna menegaskan ketiganya diperiksa sebagai saksi. “Status ketiganya masih saksi,” tegas Erna.

Ia mengatakan setelah pemeriksaan jajaran Dinas PUPR, pihaknya juga akan memeriksa penyedia barang dan jasa, serta rekanan yaitu dari CV Undagi Jaya Mandiri. Total saksi yang sudah diperiksa sekitar 11 orang. “Nanti saksi yang akan kita periksa mencapai 20 orang lebih,” lanjut mantan Aspidsus Kejati Bali ini.

Ditambahkan, saat ini penyidik masih mendalami dugaan penyimpangan dalam pelaksanaan proyek ini. Di antaranya terkait volume dan kualitas proyek dikatakan tidak sesuai dengan speks. “Misalnya yang harus dilakukan satu berbanding empat, yang dikerjakan satu berbanding sepuluh,” tambah Erna yang menduga ada kerugian negara sekitar Rp 700 juta dalam kasus ini.

Sementara itu, Kadis PUPR, IB Surya Suamba belum bisa dikonfirmasi karena masih menjalani pemeriksaan hingga sore. Kasus ini sendiri berawal dari laporan warga yang mengatakan jika pembangunan senderan Tukad Mati, Legian mengalami masalah. Pasalnya, baru saja selesai dan diserahterimakan, sudah ada beberapa bagian yang retak dan jebol. Proyek senderan Tukad Mati tersebut membentang sepanjang 570 meter dengan anggaran Rp 2,1 miliar yang digarap oleh PT Undagi Jaya Mandiri sejak awal 2016 lalu. *rez

Komentar