nusabali

Kodrat Bali Tingkatkan Prestasi Petarung Putri

  • www.nusabali.com-kodrat-bali-tingkatkan-prestasi-petarung-putri

DENPASAR, NusaBali - Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Bali mulai melirik prestasi atlet beladiri tarung derajat putri, usai tampil gemilang pada Kejurnas Tarung Derajat, di GOR Arca Manik, Bandung pada 20 Desember 2022. 

Dari lima kelas yang diikuti, petarung putri Bali menyabet 1 emas, dan 3 medali perak. 

“Hasil itu cukup bagus dan diharapkan menutup kendornya petarung putra yang puasa medali emas pada Kejurnas kali ini,” kata Sekretaris Umum Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Bali, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka, Jumat (30/12).

Menurut pria yang biasa disapa Gung Cok itu, sejak awal Bali menurunkan petarung di sektor putri di level nasional, sebagai upaya menutupi medali di sektor putra. Sebelumnya petarung putra biasanya selalu tampil meyakinkan di level nasional.  Namun seiring berjalannya waktu, kini petarung putri mulai menunjukkan eksistensi prestasinya di level nasional, seperti Kejurnas. 

"Sekarang situasinya cukup berbanding terbalik, kini di sektor putra justru berguguran dan hasilnya sangat mengecewakan saat Kejurnas. Mudah - mudahan ada harapan lebih bagi petarung putri di level nasional nantinya," kata Gung Cok, yang juga Binpres KONI Bali itu. 

Gung Cok mengatakan, kini petarung putri Bali diperhitungkan setelah ada empat dari lima petarung melenggang ke final. Namun di final langkah petarung putri memang banyak terhenti, tapi masuk final merupakan prestasi yang cukup menanjak. 

Gung Cok mengakui saat Kejurnas, Kodrat Bali hanya meraih satu emas lewat petarung putri I Kadek Ina Krisna Dewi di kelas 62,1-66kg. Selain itu, Bali juga meraih tiga medali perak lewat Mitayobi di kelas 45,1-50kg, Ratna Suwari kelas 58,1-62kg, dan Adnya Dana di kelas 50,1-54kg. 

"Ke depan sektor putri bisa jadi kebanggaan Bali di ajang Pra PON dan PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut," harap Gung Cok, yang mantan Caleg DPRD Bali Dapil Badung dari Partai Golkar. 

Gung Cok menambahkan, beralihnya peta kekuatan di sektor putri, tidak membuat Kodrat Bali melepas begitu saja potensi di sektor putra yang telah sukses 4 emas di PON XX/2021 di Papua.

Pria yang juga Ketum Pengprov Cricket Bali  itu mengatakan, harapan mempertahankan empat emas terbuka, setelah moncernya di sektor putri. Namun dia juga berharap petarung putra segera kembali dalam top performance untuk saling melengkapi dalam Pra PON nanti.

“Bali akan menerjunkan 14 petarung, dengan sembilan petarung putra dan empat petarung putri di Pra PON nanti,” kata Gung Cok. dek

Komentar