nusabali

Bupati Hadiri Melaspas dan Mendem Pedagingan Pura Desa, Desa Adat Sekarmukti

  • www.nusabali.com-bupati-hadiri-melaspas-dan-mendem-pedagingan-pura-desa-desa-adat-sekarmukti

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Nyonya Seniasih Giri Prasta menghadiri acara Melaspas dan Mendem Pedagingan di Pura Desa, Desa Adat Sekarmukti, Banjar Sekarmukti, Desa Belok/Sidan, Kecamatan Petang, pada Purnamaning Kapitu yang jatuh pada Sukra Paing Dungulan, Jumat (6/1).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta memberikan bantuan dana dari Pemkab Badung sebesar Rp 3 miliar dan secara pribadi membantu Rp 15 juta.

Karya melaspas ini dipuput oleh Ida Pedanda Gede Dangin Manuaba dari Griya Gede Manuaba Carangsari. Turut hadir mendampingi Bupati Badung, antara lain Camat Petang AA Ngr Raka Sukaeling beserta unsur Tripika Kecamatan Petang, Perwakilan Perbekel Desa Belok/Sidan, Bendesa Adat Sekarmukti I Ketut Jadi, serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Bupati Giri Prasta mengucapkan rasa syukur kepada Ida Hyang Widhi Wasa karena telah diberikan keselamatan dan kerahayuan dalam melaksanakan Upacara Melaspas di Pura Desa. Bupati Giri Prasta mengatakan, dalam pelaksanaan Pujawali terdiri dari kata Puja yang dilaksanakan oleh Sulinggih bersama Pemangku dan Kebayan. Sedangkan kata Wali dilaksanakan oleh Welaka, ada Sekaa Gong, Pesantian, Topeng Sidakarya.

“Saya berharap masyarakat bersatu untuk membuatkan jembatan kepada generasi ke depan. Apalagi masyarakat Sekarmuti ini lahir dan hidup di sini. Maka dari itu agar bersatu, apalagi dalam pelaksanaan upacara ini dilaksanakan dengan cara gotong royong dan bersama- sama dengan rasa tulus ikhlas. Agar apa yang kita laksanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan,” ujarnya.

Sementara itu Manggala karya I Wayan Jantara, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Murdaning Jagat Badung bersama undangan lainnya. Upacara ini terlaksana tepat pada Purnamaning Kapitu, karena bangunan keseluruhan yang ada di wewidangan Pura Desa sudah rampung dan selesai diperbaiki. Dikatakan, perbaikan bangunan yang ada di Pura Desa ini atas bantuan dari Bupati Badung. “Kami mewakili masyarakat Desa Adat Sekarmukti mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas bantuan yang bapak berikan untuk masyarakat kami yang ada di Sekarmukti,” ucapnya. *ind

Komentar