nusabali

Kejurnas Panjat Tebing, Desak Rita Sabet Medali Emas

  • www.nusabali.com-kejurnas-panjat-tebing-desak-rita-sabet-medali-emas

DENPASAR, NusaBali - Atlet panjat tebing andalan Bali yang masih aktif di Pelatnas, Desak Made Rita Kusuma Dewi berhasil menyabet medali emas nomor spead world record perorangan putri pada Kejurnas Nasional FPTI XVIII 2022 di Bangka Belitung, Senin (20/12).

Atlet asal Pengkab FPTI Buleleng ini  menjadi yang terbaik setelah pada final berhasil membukukan catatan waktu 7,2 detik mengalahkan Alviany Ver Khadijah (Sulawesi Selatan) dengan catatan waktu 11,47 detik yang harus puas dengan medali perak.  

Sementara medali perunggu atau tempat ketiga diduduki Berthdigna Devi Surya Kusuma (Jateng) dengan catatan waktu 8,9 detik setelah perebutan tempat ketiga berhasil mengalahkan Dyah Puspitaningsih (Jogjakarta), terpaut dengan catatan waktu 10 detik. 

Selain meraih medali emas, Desak Made Rita Kusuma Dewi, bersama Kadek Adi Asih, dan Ni Luh Jelita Darmawati juga berhasil meraih medali perunggu di nomor  spead world record beregu putri. 

"Kami sangat bersyukur hari pertama sudah mampu meraih 1 emas dan 1 perunggu, jadi kesempatan menambah medali masih terbuka di nomor lainnya di sektor putra. Sebab, Kejurnas akan dilangsungkan hingga Sabtu (24/12) nanti," ucap Ketua Umum Pengprov FPTI Bali, Putu Yudi Atmika. Pada Kejurnas yang dilangsungkan arena Jalan Padang Baru, Kecamatan Pangkal Baru ini Bali menerjunkan 8 atlet, terdiri dari 5 atlet putra dan 3 putri didampingi manajer Suhardi Eka Prasetya, pelatih Saron Rurba dan Dewa Putu Galih Perdana. 

Sementara itu Manajer Tim Panjat Tebing Bali, Suhardi Eka Prasetya menambahkan raihan medali emas yang dipersembahkan Desak Rita itu memang sudah menjadi target awal FPTI Bali. Suhardi Eka Prasetya yang juga Waketum Pengprov FPTI Bali mengatakan, atas capaian atletnya yang juga peraih medali emas di ajang PON XX/2021 di Papua itu dia merasa sangat puas. 

Desak kembali berhasil menjaga konsistensi prestasinya. "Target medali sudah tercapai, saat sekarang kita fokus untuk pertandingan selanjutnya yang masih akan berlangsung hingga dalam 4 hari ke depan lagi," papar Suhardi Eka Prasetya. 

Dari 8 atlet panjat tebing yang diterjunkan FPTI Bali itu didominasi 5 atlet panjat tebing dari Pengkab FPTI Badung, dan sisanya 2 orang atlet dari Pengkab FPTI Buleleng, dan 1 orang dari atlet Pengkab FPTI Gianyar. Atlet panjat tebing itu yakni Himalaya, I Gusti Ngurah Bayu Segara, I Gede Surya Parta, Julianto, dan Wisnu Golden untuk di sektor putra. Sedangkan di bagian putri ada Desak Made Rita Kusuma Dewi, Kadek Adi Asih, dan Ni Luh Jelita Darmawati. 7dek

Komentar