nusabali

Abraham Samad Ajak Kawal Pemilu

Luncurkan Cek Pemilu Berisi Rekam Jejak Caleg

  • www.nusabali.com-abraham-samad-ajak-kawal-pemilu

JAKARTA, NusaBali - Mantan Ketua KPK yang kini menjadi Founder ASA Indonesia, Abraham Samad meluncurkan aplikasi Cek Pemilu 2024

Aplikasi tersebut berisikan tentang track record (rekam jejak) calon legislatif (caleg) maupun calon presiden/calon wakil presiden (capres/cawapres). Tujuannya untuk mengawal agar Pemilu berintegritas.

"Sudah beberapa tahun lalu, kami ingin membuat aplikasi Cek Pemilu. Melalui Cek Pemilu, kami ingin mengawal Pemilu 2024 agar berintegritas dan bisa menghasilkan caleg, capres/cawapres yang tidak cacat moral," ujar Abraham Samad saat launching secara virtual maupun fisik di Kantor ASA Indonesia, Jakarta Selatan, Selasa (20/12).

Abraham Samad menjelaskan, aplikasi Cek Pemilu merupakan platform berbasis artificial intelligence dan machine learning. Ketika aplikasi tersebut di akses, bisa memperlihatkan, apakah caleg maupun capres/cawapres pernah memiliki masalah seperti terlibat korupsi.

"Jadi, sistem ini bisa membaca apakah di masa lalu mereka punya masalah di tempat lain. Oleh karena itu, sistem ini kami dedikasikan kepada penyelenggara Pemilu agar bisa lebih awal mendeteksi caleg dan capres/cawapres yang dicalonkan partai politik," kata Abraham Samad.

Dengan begitu, kata dia, akan memudahkan penyelenggara Pemilu mendeteksi mereka. Selain itu, dapat menghindari manipulasi reputasi. Sekarang, lanjut Abraham Samad, tinggal goodwill dari penyelenggara Pemilu untuk menggunakan aplikasi itu secara maksimal.

Lantaran aplikasi tersebut, tidak bisa semua orang mengaksesnya. "Karena kami akan berikan ini ke KPU. Bila korporasi ingin mengaksesnya, kami berikan dengan terlebih dahulu melakukan MoU (Memorandum of Understanding) dengan ASA Indonesia," kata Abraham Samad.

Akses dibatasi, lanjut Abraham Samad, demi keamanan dan merupakan bentuk dari pertanggungjawaban hukumnya. Sementara Founder Siber Integritas, Syahrul Mubarak menerangkan, sebagai negara demokrasi terbesar, Indonesia telah beberapa kali menyelenggarakan Pemilu.

Kualitas Pemilu satu ke Pemilu lainnya perlu selalu diperbaiki. Hal tersebut, kata Syahrul, sudah dilakukan. Namun belum ideal. "Untuk itu, ASA Indonesia dan Siber Integritas meluncurkan aplikasi Cek Pemilu 2024 guna membantu penyelenggara Pemilu, stakeholder Pemilu, termasuk masyarakat," terang Syahrul.

Melalui aplikasi Cek Pemilu, jelas Syahrul, bisa diketahui track record maupun reputasi caleg dan capres/cawapares. Mereka mendapatkan data dari berbagai sektoral dan data publik. "Kemudian kami satukan, kami olah dan kami tampilkan di aplikasi," papar Syahrul. k22

Komentar