nusabali

Antari Jaya Negara Ajak Ibu Kreatif Sajikan Hidangan Bergizi

  • www.nusabali.com-antari-jaya-negara-ajak-ibu-kreatif-sajikan-hidangan-bergizi

DENPASAR, NusaBali.com – Ketua TP PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara mengajak ibu rumah tangga sebagai kader PKK agar kreatif dalam menghidangkan makanan bergizi kepada keluarga.

Makanan yang bergizi mampu menciptakan generasi yang cerdas dan terbebas dari stunting. Sagung Antari menjelaskan bahwa pencegahan stunting merupakan salah satu tanggung jawab pokok seorang kader PKK.

Selama ini, tantangan bagi seorang ibu dalam menyajikan hidangan bergizi adalah mengolah sayur bagi buah hati yang tidak suka sayur-sayuran. Oleh karena itu, Sagung Antari berpesan agar kader PKK mampu mencari metode yang pas agar buah hati mau mengonsumsi sayur.

"Kadek PKK harus banyak berinovasi dan berkreasi terutama dalam mengolah sayuran untuk anak-anak," ujar Sagung Antari kepada kader PKK di sela-sela lomba memasak makanan sehat dan bergizi se-Kelurahan Sumerta di Kantor Kelurahan Sumerta pada Sabtu (17/12/2022).

Kreativitas dalam mengolah sayuran ini, lanjut Sagung Antari, dapat dilakukan dari segi tampilan yang menggugah minat anak-anak. Keberhasilan dalam menarik minat dan selera anak-anak untuk mengonsumsi sayur-sayuran ini dinilai sangat penting lantaran vitamin, serat, asam folat, dan nutrisi lainnya cukup khas dan hanya didapat dari tumbuhan.

Selain itu, mengolah makanan yang sehat dan bergizi tersebut akan lebih baik lagi jika menggunakan bahan pangan lokal. Langkah ini dikatakan akan lebih berkesan dalam menangani stunting lantaran selain lebih bergizi, bahan pangan lokal mudah didapatkan oleh masyarakat.

"Mengolah makanan yang sehat dan bergizi ini harus dilakukan setiap hari, dijadikan kebiasaan," pesan Antari Jaya Negara kepada para kader PKK Kelurahan Sumerta ketika para kepala lingkungan dan istri serta didampingi satu kader PKK lain sedang menyelesaikan perlombaan. *rat

Komentar