nusabali

Mudarta Siap Maju ke DPR RI, Target di Karangasem 9 Kursi

  • www.nusabali.com-mudarta-siap-maju-ke-dpr-ri-target-di-karangasem-9-kursi

AMLAPURA, NusaBali - Ketua DPD Demokrat Bali Made Mudarta mengikrarkan diri siap maju sebagai calon anggota legislatif DPR RI di Pemilu Legislatif 2024.

Bahkan Made Mudarta pasang target buat DPC Demokrat Karangasem merebut 2 kursi DPRD Bali, dan 9 kursi DPRD Karangasem.

“Setelah merebut minimal 9 kursi DPRD Karangasem nantinya bisa mengusung calon Bupati/Wakil Bupati Karangasem. Maka dari itu mari kita rebut kursi DPRD dan jabatan eksekutif,” tegas Mudarta di acara konsolidasi Partai Demokrat di Gedung Satuan Pendidikan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Karangasem, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Minggu (18/12).

Mudarta menegaskan, partai politik sebagai alat merebut kekuasaan mesti dilakukan secara santun dan elegan. Di Pemilu 2024 mendatang, saatnya biru berkuasa.

Bahkan Mudarta memberikan kilas balik, perkembangan politik di Karangasem yang terkesan sulit diprediksi. Saat Pemilu Legislatif 1999, PDIP menang telak dengan 24 kursi, mengantarkan I Gede Sumantara sebagai Bupati Karangasem 2000-2005. Di luar dugaan di saat PDIP kembali memenangi Pemilu Legislatif 2004, dengan 16 kursi justru Golkar memenangkan jabatan eksekutif melalui I Wayan Geredeg selama dua periode, 2005-2010, dan 2010-2015. Selanjutnya saat Golkar memenangkan Pemilu Legislatif 2014, dengan 13 kursi justru NasDem memenangkan jabatan eksekutif melalui I Gusti Ayu Mas Sumatri. “Kali ini giliran Pemilu Legislatif 2024, Demokrat memenangkan jabatan eksekutif di Karangasem, melalui Ketua DPC I Komang Wirawan,” ucap Mudarta.

Syaratnya, Demokrat cukup merebut 9 kursi DPRD Karangasem selanjutnya bisa mengusung calon Bupati/Wakil Bupati Karangasem memenuhi syarat 20 persen dari 45 kursi di DPRD Karangasem. “Optimistis I Komang Wirawan Bupati Karangasem tahun 2024-2029,” tegasnya.

Ketua DPC I Komang Wirawan mengaku siap mengamankan target 2 kursi ke DPRD Bali dan 9 kursi di DPRD Karangasem. “Demokrat Karangasem mesti bangkit, yang di Pemilu 2019 meraih 2 kursi, nantinya di Pemilu 2024 menjadi 9 kursi, dan siap merebut jabatan Bupati Karangasem,” kata Komang Wirawan yang anggota DPRD Bali.

Atas dasar itu, lanjut Komang Wirawan, Demokrat mesti bangkit untuk menang dan merebut kekuasaan. “Karena berkat kemenangan itu bisa berkuasa, dengan berkuasa bisa berbuat banyak untuk masyarakat,” ucapnya.

Apalagi, menurut Komang Wirawan, struktur pengurus di DPC, PAC hingga ranting telah lengkap, secara struktural Demokrat siap menghadapi Pemilu 2024.

Hadir Ketua Bappilu DPD Demokrat Bali I Dewa Nyoman Sukrawan, Ketua OKK DPD I Ketut Ridet, Sekretaris DPD I Made Sada, dan fungsionaris lainnya.

Sukrawan juga turut membakar semangat kader Demokrat Karangasem, minimal agar mampu memenangkan satu kursi di setiap daerah pemilihan dari 6 dapil yang ada. “Walau pemetaan partai politik di Karangasem sulit ditebak. Sejarah mencatat mayoritas di Karangasem belum jaminan mampu berkuasa di eksekutif,” kata Sukrawan. *k16

Komentar