nusabali

Bupati Gowa Kunjungi TOSS Gema Santi

  • www.nusabali.com-bupati-gowa-kunjungi-toss-gema-santi

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan, mengunjungi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Gema Santi di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (16/12).

Kedatangan Bupati Gowa disambut langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Bupati Ichsan mengatakan, kunjungan ini untuk melakukan studi terhadap penerapan inovasi TOSS dalam menangani sampah di Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta menyampaikan, TOSS Gema Santi merupakan inovasi yang diciptakan pada tahun 2017. TOSS Gema Santi dibangun di lahan Provinsi Bali seluas 1,9 hektare. “Saat ini TOSS masuk TOP 5 kategori Outstanding Achievement of Public Service Innovation pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2022,” ujar Bupati Suwirta. Pengolahan sampah dibagi menjadi dua jenis yakni organik dan anorganik yang dipilah langsung dari sumbernya. Hasil olahan sistem TOSS berupa pupuk atau kompos dan pelet. Sampah anorganik dikelola oleh Koperasi Gema Nadi Lestari dikolaborasikan dengan Kebun Hatinya PKK dan kebun pembibitan. *wan

Komentar