nusabali

SMPN 2 Amlapura Pamerkan Karya Seni Rupa

  • www.nusabali.com-smpn-2-amlapura-pamerkan-karya-seni-rupa

AMLAPURA, NusaBali
SMPN 2 Amlapura menggelar pameran dengan menghadirkan 1.205 karya seni rupa, berupa gambar dua dimensi dengan tagline, Kucing Seru (Kumpulan Cerita Gambar Seni Rupa).

Karya seni rupa yang dipamerkan berupa topeng, terbagi empat ruangan. Kasek SMPN 2 Amlapura Kadek Wirawan, yang mengoordinasikan acara itu, di Jalan Sudirman Amlapura, Rabu (14/12). Karya seni rupa siswa itu,  katanya, hasil tugas siswa dari mata pelajaran seni dan budaya sehari-hari. Pameran ini setiap dua tahun sekali, tahun 2020, pameran dengan hasil karya seribu topeng, setiap siswa wajib membuat topeng.

“Ini pameran karya seni rupa, berupa gambar dua dimensi. Sisi positifnya siswa bisa membandingkan hasil karyanya dengan siswa lain, untuk evaluasi ke depan,” jelas Kadek Wirawan.

Empat ruang kelas tersedia untuk pameran, penuh dengan karya seni rupa, gambar dua dimensi, dengan ukuran 30 cm x 30 cm, setiap gambar berisi nama dan kelas. Hanya saja, karya seni rupa tersebut, tanpa judul.

Pameran Karya Seni Rupa yang ke-4 sejak tahun 2016,  pelaksanaannya setiap dua tahun sekali, di bawah arahan guru seni dan budaya, I Gede Panca Gautama, AA Gede Nangka Bayu Suwita, Ni Ketut Yuli Astiti dan Ni Luh Putu Sudarni. Selain memamerkan karya seni rupa siswa, juga menggelar lomba foto dan videografi. Sehingga kreativitas dan inovasi siswa terus mendapatkan ruang untuk berkreasi.

Guru pembina I Gede Panca Gautama mengapresiasi semangat siswa, yang telah mampu menampilkan hasil karyanya. Sehingga terpantau siswa berbakat bidang seni rupa, bidang fotografi, dan videografi.

Pameran 14 - 17 Desember 2022, terbuka untuk umum, juga memamerkan ruang bioskop mini, sehingga siswa dapat pemahaman bidang videografi. “Tiap tahun kami gelar pameran dengan tema berbeda-beda, sebelumnya pameran seribu topeng, kali ini pameran ribuan karya seni rupa,” jelas I Gede Panca Gautama.

Seluruh siswa mendapatkan kesempatan menikmati pameran di empat ruangan, sehingga bisa menikmati beragam karya, yang merupakan hasil karya selama 2 tahun terakhir. Siswa yang terlibat kali ini kelas VII sebanyak 421 siswa, kelas VIII 407 siswa dan kelas IX 377 siswa.

SMPN 2 Amlapura juga menyediakan panggung hiburan, setiap siswa yang berbakat bidang nyanyi, menari, dan seni pentas lainnya, mendapatkan kesempatan mengekspresikan kemampuannya.

Sehingga siswa bergantian tampil ke atas panggung untuk nyanyi. Bisa juga siswa tampil, membaca puisi, main drama, dan pentas seni lainnya.*k16

Komentar