nusabali

Kapolda Resmikan Gedung Polsek Busungbiu dan Pos Pol Lovina

  • www.nusabali.com-kapolda-resmikan-gedung-polsek-busungbiu-dan-pos-pol-lovina

SINGARAJA, NusaBali
Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, meresmikan gedung Polsek Busungbiu yang baru selesai dibangun di Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, Buleleng, dan Pos Polisi Pariwisata Lovina di Desa Anturan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, pada Kamis (24/11).

Hadir dalam peresmian tersebut, Kapolres Buleleng, AKBP Made Dhanuardana dan sejumlah pejabat di lingkup jajaran Polres Buleleng serta instansi terkait.

Untuk diketahui, bangunan gedung Polsek Busungbiu berdiri di atas lahan seluas 10,4 are dengan luas bangunan 311 meter persegi. Pembangunannya ini dilaksanakan selama 180 hari, mulai 14 Mei 2022 sampai 9 November 2022. Sumber dana pembangunan ini berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Polres Buleleng TA 2022 yakni sebesar Rp 3,4 miliar lebih.

Sedangkan, Pos Polisi (Pol) Lovina dibangun diatas tanah pinjam pakai dari Desa Adat Banyualit seluas 250 meter persegi, yang dilengkapi dengan ruang informasi, ruang pengaduan, ruang piket jaga dan TMC. Pembangunan Pos Lovina dilaksanakan selama 45 hari mulai 11 September 2022 sampai 27 Oktober 2022 menggunakan dana hibah Pemkab Buleleng sebesar Rp 285 juta.

Kapolda Bali, Irjen Pol Jayan Danu Putra mengatakan, pembangunan Polsek Busungbiu dan Pos Lovina adalah upaya revitalisasi untuk mendukung pelayanan publik dan tugas kepolisian. Irjen Pol Jayan Danu berharap, agar pembangunan yang ada dipelihara dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Bangunan ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga dapat mendukung penguatan Polsek dan Polres sebagai lini terdepan untuk pelayanan Polri serta meningkatkan stabilitas kamtibmas di wilayah Buleleng. Saya ucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu pembangunan ini," kata dia.

Kapolres Buleleng, AKBP Made Dhanuardana menjelaskan, kondisi bangunan Polsek Busungbiu yang lama dinilai kurang representatif, karena memiliki luas tanah dan bangunan yang sempit. "Bangunan yang lama kurang repersentatif, sehingga tidak layak untuk digunakan sebagai pelayanan publik dan diperlukan bangunan Polsek yang lebih memadai," pungkas dia.
 
Setelah acara peresmian Polsek Busungbiu, Kapolda Bali kemudian melakukan bakti sosial (baksos) dengan memberikan sembako kepada 20 orang masyarakat Desa Kekeran. Selanjutnya, Kapolda Bali dan pejabat utama serta Kapolres Buleleng meninjau langsung Pos Polisi Lovina. *mz

Komentar