nusabali

Pataka Napak Tilas dan Kirab Panji-Panji I Gusti Ngurah Rai Tiba di Denpasar

  • www.nusabali.com-pataka-napak-tilas-dan-kirab-panji-panji-i-gusti-ngurah-rai-tiba-di-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Pataka Napak Tilas dan Kirab Pataka Panji-Panji Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai sampai di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar, Kamis (17/11).

Pataka tersebut diserahkan langsung Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gede Mayun kepada Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa.

Penyerahan pataka tersebut untuk memperingati Hari Puputan Margarana Tahun 2022 sekaligus untuk mengenang jasa para pahlawan. Selain itu juga untuk menanamkan jiwa nasionalisme, memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, napak tilas ini merupakan kegiatan untuk mengenang perjuangan pahlawan I Gusti Ngurah Rai dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Pulau Bali ini. Pihaknya melibatkan siswa SMP dan SMA mengikuti nampak tilas agar memiliki semangat perjuangan seperti pahlawan.

“Saya harapkan kedepanya peserta yang mengikuti nampak tilas ini bisa lebih banyak lagi, karena tidak semua kota memiliki sejarah historis perjuangan dari pahlawannya. Dimana Bali memiliki pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai yang terkenal dengan semangat puputan Margarananya, jadi para generasi muda Denpasar harus memiliki semangat yang gigih dalam membangun Denpasar maupun Bali untuk Indonesia,” kata Arya Wibawa.

Sementara Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Surya Antara, mengatakan Apel saat ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Puputan Margarana Tahun 2022. Selain apel rangkaian acara ini juga diisi dengan serah terima kirab panji-panji pahlawan dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai dari Kabupaten Gianyar.

Penyerahan piala bergilir lomba Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. Setelah itu dilajutkan dengan gerak jalan yang diikuti 10 regu yang dimulai dari depan Museum Bali menuju Puri Kesiman.

"Setelah peserta napak tilas tiba di Puri Kesiman akan dilanjutkan dengan acara sarasehan. Diakhir acara pada malam hari akan diadakan pementasan musik keroncong," ungkapnya.*mis

Komentar