nusabali

Kodrat Badung Juara Umum Lagi

  • www.nusabali.com-kodrat-badung-juara-umum-lagi

Baik Badung, Gianyar, maupun Denpasar berhasil meningkatkan perolehan medali emas. Peningkatan tajam diraih Denpasar dengan meraih empat emas, dibandingkan Porprov 2019 hanya satu emas.

GIANYAR, NusaBali

Pengkab Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) kembali menjadi juara umum Porprov Bali XV/2022, setelah meraih 9 emas, 5 perak, dan 1 perunggu. Kali ini untuk yang ke-8 kalinya dalam ajang yang berakhir pada Rabu (16/11,) di GOR Kebo Iwa, Gianyar. Meski juara umum, namun dua petarung PON asal Badung justru kandas di laga final.

Sedangkan tuan rumah Gianyar menjadi runner up cabor tarung derajat Porprov, dengan 6 emas, 5 perak, 6 perunggu. Urutan ketiga Denpasar dengan 4 emas, 7 perak, dan 6 perunggu. Selajutnya di urutan keempat, yakni Jembrana dengan 1 perak dan 5 perunggu, lalu Klungkung (1 perak 4 perunggu), Tabanan (8 perunggu), Karangasem (3 perunggu, Buleleng dan Bangli sama - sama meraih 1 perunggu.

Sedangkan Badung, Gianyar, dan Denpasar kali ini berhasil meningkatkan perolehan medali emas. Peningkatan tajam diraih petarung Denpasar dengan menyabet 4 medali emas, dibandingkan Porprov 2019 hanya meraih 1 medali emas.

Sedangkan para petarung Badung yang meraih medali emas, yakni Komang Hendra Yandika, I Made Ardi Arimbawa, Andre Surya, I Wayan Dedi Wirantanu, Putu Ajna Iswari Dana, Ni Made Ratna Suwari, dan Kadek Krisna Dewi.

"Sebenarnya kami dapat 11 medali emas, sayang dua petarung PON  Badung justru kalah di final. Gede Dicky Handika Putra kalah di final oleh I Gusti Ngurah Bagus Merta Wijaya (Gianyar), dan Ni Made Yogi Astrini peraih perak di PON XX/2021 Papua juga kalah di Porprov dari petarung Denpasar Komang Andriani Ayu," ungkap Ketua Pengkab Kodrat Badung, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka.

Meski ada atlet PON yang kalah di final, kata Gung Cok, panggilan Anak Agung Bagus Tri Candra, tapi perolehan medali emas secara umum di Porprov Bali XV/2022 ini tetap meningkat.

Pada Porprov kali ini, Kodrat Badung sendiri menurunkan 11 petarung putra, 6 petarung putri, 2 seni gerak putri, dan 3 seni gerak putra. Sementara itu Ketua Umum Pengprov Kodrat Bali, I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya menegaskan Porprov tahun ini menjadi ajang evaluasi serta pengembangan tarung derajat pasca Porprov Bali 2019 di Tabanan. Pria yang biasa siapa Turah Joko mengakui banyak perkembangan, khususnya petarung pendatang baru.  Menurutnya, apalagi ada petarung yang dapat mengalahkan peraih emas dan perak PON XX/2021 lalu.  "Saya harap para juara tetap konsisten, karena bakal ada Kejurnas pada Desember nanti," kata Turah Joko. *dek


Klasemen Medali Tarung Derajat
1. Badung           9     5      1
2. Gianyar           6     5      6
3. Denpasar        4     7      6
4. Jembrana               1      5
5. Klungkung              1      4
6. Tabanan                         8
7. Karangasem                   3
8. Buleleng                         1

Komentar