nusabali

Pataka dan Surat Sakti Pahlawan I Gusti Ngurah Rai Tiba di Bangli

  • www.nusabali.com-pataka-dan-surat-sakti-pahlawan-i-gusti-ngurah-rai-tiba-di-bangli

BANGLI, NusaBali
Pataka panji-panji dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurai Rai, tiba di Kabupaten Bangli, Selasa (15/11) pagi.

Upacara serah terima pataka dan panji sakti berlangsung di Alun-alun Bangli, dipimpin Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta. Upacara dihadiri Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, anggota DPRD Bangli dan seluruh pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli. Kirab pataka dan surat sakti I Gusti Ngurai Rai telah melalui Kabupaten Klungkung dan dilanjutkan ke Kabupaten Bangli.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan serah terima Pataka panji-panji dan surat Sakti I Gusti Ngurah Rai melibatkan sejumlah veteran, TNI/Polri, ASN, anak-anak pelajar bahkan anak-anak PAUD.  "Pataka dan surat sakti ini akan keliling ke tempat-tempat bersejarah yang ada kaitannya dengan perjuangan pahlawan Anak Agung Anom Mudita di Kabupaten Bangli," ungkapnya.

Selanjutnya pada malam hari, pataka dan surat sakti tersebut akan disemayamkan di Tugu Makam Pahlawan Penglipuran, Kelurahan Kubu, Bangli. Rabu (16/11) ini akan diserahkan ke Kabupaten Gianyar.

Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini,  menyebutkan semangat pahlawan I Gusti Ngurah Rai dalam rangka mempertahankan kemerdekaan dan tidak mau kompromi dengan penjajah ini, membuktikan bahwa semangat kemerdekaan ini perlu dijaga dan rawat bersama. "Kemerdekaan kita isi dengan berbagai hal yang positif dalam rangka melanjutkan cita-cita dari pada para pendahulu kita," tegasnya.

Menurut Bupati Sedana Arta, untuk di Kabupaten Bangli tentu gerakan pembangunan yang sudah dilakukan akan terus digemakan. Dengan itu, rasa jengah untuk membangun Bangli akan semakin terpatri di sanubari dan dada seluruh masyarakat Bangli. "Bangli melompat lebih tinggi untuk mengejar segala ketertinggalan dari kabupaten/ kota yang lain," ujarnya. *esa

Komentar