nusabali

Mangkrak, Proyek PN Badung Ditumbuhi Semak Belukar

  • www.nusabali.com-mangkrak-proyek-pn-badung-ditumbuhi-semak-belukar

DENPASAR, NusaBali
Janji Pemkab Badung dibawah komando Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta untuk membangun Pengadilan Negeri (PN) Badung hingga kini tak terealisasi.

Bangunan berupa pondasi di lahan di di belakang Terminal Mengwi, Badung kini mangkrak dan terbengkalai. Pantauan NusaBali di lokasi pada Selasa (10/11) nampak pondasi yang sudah dikerjakan di beberapa bagian kini ditumbuhi semak belukar. Selain itu, beberapa sudut bangunan sudah nampak rusak karena lama terbengkalai. Beberapa petugas yang berjaga di sekitar lokasi pun takut memberikan keterangan dan meminta wartawan keluar dari lokasi.

Seperti diketahui, pembangunan PN Badung yang berlokasi di belakang Terminal Mengwi dan Kejari Badung ini sudah dimulai sejak Februari 2020 lalu. Ketua Pengadilan Negeri Denpasar saat itu, Sobandi, mengatakan pembangunan Pengadilan Negeri Badung akan menggunakan dua tahun anggaran dari APBD Pemkab Badung. Total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 70 miliar. Untuk anggaran tahun 2020, Pemkab Badung menyiapkan dana Rp 16,4 miliar. “Jadi nanti seluruh pembangunan akan menggunakan anggaran multiyears 2020 dan 2021 dari Pemkab Badung,” ujarnya, Sabtu (25/1).

Anggaran pembangunan kantor Pengadilan Negeri yang mencapai Rp 70 miliar tersebut tidak hanya akan digunakan untuk pembangunan gedung pengadilan. Namun juga direncakan untuk pembangunan fasilitas lainnya seperti rumah dinas para hakim. “Nantinya di areal itu juga akan dibangun rumah dinas hakim,” lanjut hakim asal Bandung, Jawa Barat, ini.

Sementara itu, Juru Bicara PN Denpasar, Gde Putera Astawa mengatakan proyek pembangunan PN Badung itu merupakan inisiatif Pemkab Badung. Dijelaskan, Pemkab Badung tidak hanya menyediakan lahan untuk pembangunan PN Badung, namun juga berinisiatif langsung membangun gedung pengadilan. “Sementara SK untuk pembentukan PN Badung dari MA belum ada. Jadi harapannya kalo gedung sudah ada, MA mau segera menerbitkan SK pembentukan PN Badung,” tegas Astawa, Rabu  (2/11).

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Badung, Ida Bagus Surya Suamba mengatakan, terkait pembangunan Kantor PN Badung, dirinya menyarankan agar konfirmasi ke Sekda selaku Ketua Tim Anggaran untuk progres kelanjutan pembangunan. "Silakan konfirmasi ke Sekda ya. Saya hanya selaku pelaksana di lapangan," katanya Rabu malam. *rez, ind

Komentar