nusabali

Dilanda Banjir, Warga Muding Minta Perhatian Bupati

  • www.nusabali.com-dilanda-banjir-warga-muding-minta-perhatian-bupati
  • www.nusabali.com-dilanda-banjir-warga-muding-minta-perhatian-bupati

MANGUPURA, NusaBali
Hujan deras yang melanda Bali pada Senin (24/10) malam mengakibatkan banjir terjadi di mana-mana.

Termasuk di Jalan Muding Indah V Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara. Sebuah video viral di media sosial (medsos) lantaran salah seorang warga Muding meminta penanganan banjir langsung kepada Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

Dalam video yang beredar, warga tersebut meminta agar Bupati Giri Prasta segera menindaklanjuti kondisi Muding yang menurutnya dikepung banjir. Menanggapi hal tersebut, Bupati Giri Prasta menegaskan sudah menindaklanjuti dengan menurunkan tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR). “Kita harus lihat itu dari tim kita di PUPR,” ujarnya.

Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini mengatakan, timnya juga sudah bekerja dan melihat persoalan hingga melakukan sebuah kajian. “Nanti setelah permasalahan itu dikaji baru kita bisa ambil tindakan,” tegas Bupati Giri Prasta.

Dihubungi terpisah, Kadis PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba, mengatakan banjir tak hanya terjadi di Muding. Bahkan daerah dengan got yang besar pun juga mengalami banjir, karena emang intensitas hujan pada Senin malam sangat tinggi. “Ini terjadi karena curah hujan yang tinggi di Bali pada Senin malam. Kita lihat di Renon, jalan yang besar dengan salurannya besar saja juga banjir,” katanya.

Menurut Surya Suamba, berdasarkan kajian banjir yang terjadi di Muding diakibatkan keberadaan sejumlah bangunan yang tidak memperhatikan sempadan, sehingga saluran airnya kecil. Ketika dalam kondisi curah hujan yang tinggi, ditambah lagi masyarakat buang sampah sembarang, maka luapan banjir tak dapat dihindari.

“Untuk penanganan jangka pendek akan dilakukan normalisasi sungai di wilayah Muding tersebut. Namun saat ini kami masih konsentrasi normalisasi di Tukad Mati. Setelah itu baru alat berat kami bawa ke sana (Muding),” kata Surya Suamba sembari mengingatkan masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan agar saluran tidak mampet. *ind

Komentar