nusabali

Desa Ekasari Mantapkan Program 200 Hektare Lahan Kakao

  • www.nusabali.com-desa-ekasari-mantapkan-program-200-hektare-lahan-kakao

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana I Nengah Tamba mencanangkan Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Jembrana, untuk menjadi desa kakao di Jembrana.

Terkait pencanangan tersebut, akan diadakan program penanaman bibit kakao seluas 200 hektare di desa setempat. Untuk memastikan kesiapan program tesebut, Bupati Tamba turun melakukan pengecekan, Sabtu (22/10).

Dalam persiapan lahan yang nantinya ditanami bibit kakao kualitas unggulan itu, dipersiapkan masyarakat yang tergabung dalam kelompok Tani Kakao Merta Abadi di desa setempat.

Dari Ketua Kelompok Tani Kakao Merta Abadi, Kade Suantara mengaku, sudah mempersiapkan 200 hektare lahan masyarakat yang siap ditanami bibit kakao.

"Untuk lahan kami sudah siapkan dan kami seluruh warga Desa Ekasari siap menuju desa kakao Jembrana," ucap Suantara saat mendampingi Bupati Tamba meninjau salah satu lahan kosong yang telah dipersiapkan untuk penanaman bibit kakao di desa setempat.

Sementara Bupati Tamba saat bertatap muka dengan masyarakat setempat, mengatakan bahwa di luar negeri, tepatnya pada negara-negara maju dan berkembang, coklat menjadi primadona dan memiliki kelasnya tersendiri. Dan kakao Jembrana sudah mampu menjawab itu, dengan memperoleh pengakuan bahwa kakao Jembrana adalah yang terbaik.

"Berangkat dari hal tersebut, saya melihat  di Desa Ekasari ini ada potensi yang bagus dan luar biasa yang bisa memberi kesejahteraan bagi masyarakat. Yakni melalui budidaya kakao dengan skala yang besar. Untuk itu sekali lagi, ayo bersama-sama kita gas. Ayo kita sukseskan program pencanangan Desa Ekasari sebagai Desa Kakao Jembrana," ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba meminta, agar masyarakat melakukan persiapan yang baik menyambut program penanaman bibit kakao 200 hektare di Desa Ekasari ini. Di samping mempersiapkan lahan yang sudah bersih atau siap tanam, dirinya meminta agar bibit-bibit yang sudah ada agar dikontrol dan dijaga dengan baik.

"Astungkara, nanti direncanakan pada penanaman bibit kakao tersebut dihadiri secara langsung oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo. Sekaligus di kesempatan yang sama meresmikan Desa Ekasari sebagai Desa Kakao Jembrana," ungkap Tamba. *ode

Komentar