nusabali

Bupati Suwirta Serahkan Satu Ton Pupuk Kompos untuk Petani Porang

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-serahkan-satu-ton-pupuk-kompos-untuk-petani-porang
  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-serahkan-satu-ton-pupuk-kompos-untuk-petani-porang

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan secara simbolis pupuk kompos olahan dari Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center kepada petani porang di Dusun Swelagiri, Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Minggu (23/10) pagi.

Sebanyak 9 petani budidayakan porang sejak 10 bulan lalu di lahan seluas 2,5 hektare. Panen porang sekitar 18-24 bulan. Bupati Suwirta serahkan pupuk kompos kepada petani sebagai bentuk motivasi semangat dan dukungan agar hasil porang semakin meningkat. Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung ini mengatakan, di dalam tanah ini sudah banyak ada bibit-bibit porang. Saat ini porang sedang dikembangkan di Indonesia. “Mudah-mudahan perkembangannya semakin meningkat,” harap Bupati Suwirta.

Petani porang diingatkan bersihkan rumput-rumput liar di areal tanaman porang agar porang tumbuh dengan baik. “Tolong bersihkan rumput liar agar asupan pupuk kompos ini masuk ke dalam tanah,” pinta Bupati Suwirta. Sementara Ketua Kelompok Petani Umbi Sari Desa Aan I Nyoman Kariasa mengatakan, porang adalah jenis umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri dengan ukuran daun yang lebar, ujung daun runcing, dan berwarna muda. Porang mempunyai fungsi sebagai pengental sirup dan perekat pada es krim sehingga tidak mudah meleleh.

Kariasa mengucapkan terimakasih kepada Bupati Suwirta bersama jajaran yang sudah memberikan bantuan pupuk sekaligus berikan dukungan. Acara ini dihadiri Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung I Ketut Suadnyana, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung Anak Agung Putra Wedana, Camat Banjarangkan Dewa Aswin, dan Perbekel Desa Aan I Wayan Wira Adnyana. *wan

Komentar