nusabali

Bupati Suwirta Geser Dua Posisi Pejabat Eselon II

Kursi Eselon II Kosong, Lelang Jabatan Segera Digelar

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-geser-dua-posisi-pejabat-eselon-ii

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali akan menggelar mutasi pejabat eselon II di jajaran Pemkab Klungkung.

Pelantikan direncanakan digelar di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Kamis (13/10) hari ini. Kabarnya ada 2 orang pejabat eselon II yang dimutasi, yakni Kadis Pariwisata Klungkung Anak Agung Putra Wedana, dan Kadis Ketahanan Pangan dan Kelautan Klungkung I Dewa Ketut Sueta Negara.

Dalam mutasi ini Agung Wedana akan digeser menempati jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kelautan Klungkung. Sedangkan, Dewa Sueta sendiri akan menempati jabatan baru sebagai Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Klungkung.

Untuk posisi Kepala Dinas Pariwisata akan dikosongkan sementara dan diisi pelaksana tugas (Plt). Pengisian pejabat definitif akan dilakukan setelah seleksi terbuka yang rencananya akan digelar akhir tahun 2022 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klungkung, I Komang Susana, mengatakan akan dilakukan pergeseran dan pelantikan pejabat eselon II, Kamis hari ini. Namun Susana belum bisa membocorkan nama-nama pejabat yang digeser. "Kami sudah kirim surat undangan (pelantikan) kepada pejabat yang akan dimutasi tersebut," ujar Susana, Rabu (12/10).

Susana menambahkan, seleksi terbuka untuk penempatan posisi eselon II akan dilakukan pada akhir tahun nanti. Karena ada beberapa posisi eselon II yang kosong, di antaranya posisi Dirut RSUD Klungkung, Staf Ahli, Kesbangpol dan Kadis Pariwisata. Termasuk Kasatpol PP dan Damkar, Inspektorat, dan Dinas Perhubungan yang akan ditinggal purna tugas pimpinan OPD-nya pada akhir tahun nanti.

Terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung, I Dewa Ketut Sueta Negara, mengaku sudah mendapatkan undangan pelantikan tersebut. Namun dirinya tidak mengetahui akan ditempatkan di OPD mana. Meskipun demikian Dewa Sueta akan berupaya menjalankan amanah atau kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan dengan baik. "Secara vertikal, saya maknai amanah ini adalah kehendak Tuhan. Serta secara horisontal, saya maknai sebagai wahana untuk aktualisasi atau kembangkan potensi diri," ujar Dewa Sueta.

Pejabat asal Desa Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini, sebelum menjabat Kadis Ketahanan Pangan dan Kelautan, sempat bertugas selama 16 tahun sebagai Sekretaris KPU selama 10 tahun (2009-2019), dan menjadi Kasubag Teknis Pemilu KPU Klungkung selama 6 tahun (2003-2009).

Sementara Kadis Pariwisata Anak Agung Putra Wedana, juga mengaku sudah menerima surat pelantikan. Menurut Agung Wedana mutasi bukanlah hal yang luar biasa. Karena mutasi kewenangan pimpinan. "Di manapun saya ditugaskan, saya selalu siap, supaya pimpinan yang menilai atau mengevaluasi kinerja saya. Saya selalu mencoba maksimal. Di manapun saya ditempatkan nanti, saya siap mendukung semua program atasan," ujar mantan Camat Dawan ini. *wan

Komentar