nusabali

BLK Karangasem Dapat Tambahan 2 Paket Pelatihan Kerja

  • www.nusabali.com-blk-karangasem-dapat-tambahan-2-paket-pelatihan-kerja

AMLAPURA, NusaBali
UPTD BLK (Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja) Karangasem, mendapatkan tambahan dua paket pelatihan kerja dari pusat.

Dua paket ini yakni menjahit dan administrasi perkantoran. Sebelumnya, awal tahun 2022, BLK ini dapat 15 paket pelatihan. Setelah pelatihan tuntas, para peserta diuji kompetensi pada Mei 2022. Setelah itu, cukup lama vakum, namun kembali dapat tambahan 2 paket pelatihan kerja.

Kadis Ketenagakerjaan Karangasem I Ketut Kanginan Subandi, didampingi Kepala UPTD BLK Karangasem I Komang Eli Kusuma, mengungkapkan hal itu di ruang kerjanya, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Senin (10/10).

"Kami bersyukur dapat tambahan dua paket pelatihan, dan pelatihan telah berjalan. Selama ini masyarakat antusias mengikuti pelatihan. Tiap paket hanya membutuhkan 16 orang," jelas Kanginan Subandi.

Jelasnya, paket pelatihan kerja selama ini dibiayai pusat, belum ada dari APBD. Padahal masyarakat berminat pada semua paket pelatihan yang dibuka BLK. Bahkan daftar antri untuk ikut pelatihan pada gelombang berikutnya,  tetap ramai. Tercatat, sebelumnya awal tahun 2022, dibuka 15 paket pelatihan, semua pesert tuntas mengikuti pelatihan dan lanjut uji kompetensi dan siap kerja. 15 paket pelatihan selama tahun 2022, dibagi dua gelombang. Gelombang I yakn paket instalasi listrik, sepeda motor, waiters, desain grafis, menjahit, administrasi perkantoran, dan teknik AC.

Gelombang kedua meliputi 2 paket pembuata roti kue, teknik AC, listrik, menjahit, desain grafis, sepeda motor dan tata rias. "Semua paket pelatihan dilengkapi instruktur berpengalaman dan profesional di bidangnya," jelasnya.

Instruktur Administrasi Perkantoran Ni Made Novi Lasari mengatakan, bidangnya kembali dapat paket administrasi perkantoran. "Kami telah memulai memberikan pelatihan, nantinya diselingi melaksanakan praktek kerja lapangan, agar ilmu pengetahuan didapatkan selama pelatihan, bisa dipraktekkan di lapangan," jelasnya.

Kata dia, peserta tidak saja mendapatkan teori, namun juga praktik kerja lapangan, sehingga kesulitan dan tantangan kerja bisa dirasakan. "Pelatihan administrasi perkantoran hanya 260 jam, selanjutnya ujian dan uji kompetensi. Nantinya, setiap peserta dapat dua sertifikat dan lulusannya siap kerja," tambahnya. Sebelumnya pada gelombang I juga dibuka paket administrasi perkantoran. *k16

Komentar