nusabali

OJK Bikin Program 'OJK Ngiring ke Banjar'

Edukasi Masyarakat soal Investasi

  • www.nusabali.com-ojk-bikin-program-ojk-ngiring-ke-banjar

DENPASAR,NusaBali
Mengedukasi masyarakat tentang industri jasa keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Wilayah Bali dan Nusa Tenggara (Nusra) melaksanakan kegiatan OJK Ngiring ke Banjar  bertempat di Banjar Belong Gede, Desa Pemecutan Kaja, Denpasar, Jumat (16/9).

Tujuannya agar masyarakat paham, tidak gampang  terimingi-imingi investasi ilegal atau pinjaman online ilegal. OJK Ngiring ke Banjar, merupakan kegiatan lanjutan yang sebelumnya  juga telah dilaksanakan OJK.

Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Giri Tribroto  mengingatkan dan memberi tips bagaimana terhindar dari penawaran investasi dan pinjaman   online (pinjol) ilegal.  “Antara lain dengan 2 L, yakni legal dan logis,” kata Giri Tribroto.

Pihaknya juga menyampaikan dan mengingatkan  masyarakat agar waspada  bagaimana mengamankan rekening dari social engineering (pencurian data pribadi).

OJK selalu mengimbau agar masyarakat senantiasa selektif dan memahami  manfaat maupun risikonya sebelum memiliki produk keuangan sebagai investasi agar terhindar dari kerugian mendatang.

Kata dia  langkah awal untuk menghindari investasi ilegal, dapat dilakukan dengan mengetahui daftar entitas ilegal yang sudah dihentikan oleh Satgas Waspada Investasi (SWI) melalui bit.ly/portal-SWI.

OJK Ngiring ke Banjar dihadiri Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya  menyampaikan antara lain dasar hukum pembentukan OJK, berdasarkan Undang – Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan.

Disampaikan OJK  tidak dak hanya berwenang sebagai lembaga pengaturan dan pengawasan di sektor perbankan, pasar modal, dan industri keuangan non-bank (IKNB), namun juga memberi perlindungan. Yakni perlindungan  kepada konsumen dan masyarakat melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi sebagai bentuk pencegahan. “Serta pembelaan hukum jika diperlukan,” ujarnya.

OJK Ngiring ke Banjar juga dihadiri  Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gusti Agus Andiyasa  dan Branch Representative PT Philip Sekuritas Indonesia Cabang Bali, A. A. Sagung Istri Pradnya Paramitha. *k17

Komentar