nusabali

231 Siswa Madrasah Berlaga di KSM Tingkat Provinsi

  • www.nusabali.com-231-siswa-madrasah-berlaga-di-ksm-tingkat-provinsi

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 231 siswa madrasah dari MI, MTs, dan MA mengikuti Kompetensi Sains Madrasah (KSM) III Tingkat Provinsi Bali Tahun 2022 di Madrasah Aliah Negeri (MAN) Karangasem, Jalan Bukit Catu, Amlapura, Minggu (11/9).

Mata pelajaran yang dilombakan yakni Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi. Kementerian Agama akan mengumumkan para pemenang. Para pemenang kembali berlaga di KSM Tingkat Nasional di Jakarta, 10-14 Oktober 2022.  

Ketua Panitia KSM III, Rustiani Erwin Yuniastiti, mengungkapkan 231 siswa madrasah yang ikut lomba yakni tingkat MI (Madrasah Ibtidaiyah) sebanyak 50 siswa, MTs (Madrasah Tsanawiyah) sebanyak 66 siswa, dan MA (Madrasah Aliah) sebanyak 115 siswa. Semua siswa yang ikut KSM mengerjakan soal di kumputer, jawaban langsung terkirim ke pusat. Kementerian Agama meranking sesuai passing grade untuk mewakili Provinsi Bali di KSM Tingkat Nasional.

Rustini menambahkan, mata pelajaran yang dilombakan untuk tingkat MI yakni Matematika dan IPA, semuanya terintegrasi Pendidikan Agama Islam. Tingkat MTs melombakan, Matematika, IPA, dan IPS juga terintegrasi Pendidikan Agama Islam. Tingkat MA yakni Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi. “Semua mata pelajaran diintegrasikan Pendidikan Agama Islam, semua materi soal dikaitkan dengan pelajaran Agama Islam,” jelas Rustini. Lomba KSM untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, dan mendidik karakter siswa

Terpisah, Kasi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Karangasem, Asmuni, berharap para siswa dari Karangasem ada yang lolos KSM Tingkat nasional. Biasanya selalu meloloskan siswa dari MTs dan MA ke KSM Tingkat Nasional. “Kami telah melakukan persiapan maksimal, mudah-mudahan hasilnya juga sesuai harapan. Kantor Kementerian Agama Pusat kirimkan hasil KSM tingkat Provinsi Bali pada Rabu (14/9) nanti,” ungkap Asmuni. *k16

Komentar