nusabali

Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri Ramaikan WEEI 2022 Denpasar

  • www.nusabali.com-perguruan-tinggi-dalam-dan-luar-negeri-ramaikan-weei-2022-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com – Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan perguruan tinggi rame-rame mendatangi ajang World Education Expos Indonesia (WEEI) 2022 di Harris Hotel Denpasar, Selasa (6/9/2022).

Perwakilan dari 30 Perguruan Tinggi dari dalam dan luar negeri menjelaskan langsung kepada calon mahasiswa yang mulai berdatangan begitu expo dibuka pukul 13.00 Wita.

Event ini digagas oleh perusahaan marketing dan hubungan masyarakat, MSW Global. Untuk Bali, baru dilakukan pada Selasa (6/9/2022), sedangkan secara keeseluruhan menjadi event ke-9 di seluruh Indonesia.

“Acara ini diselenggarakan untuk menjembatani pelajar dan sarjana Pulau Bali yang ingin mendapatkan informasi studi sarjana maupun magister di dalam dan luar negeri langsung dari sumbernya,” jelas Direktur Operasional MSW Global, Anastasya Sri, 35.

Selain itu, kata Anastasya, WEEI juga merupakan ajang branding bagi peserta eksibitor kepada masyarakat Indonesia lantaran sudah diadakan di Medan, Jakarta, Surabaya, dan Denpasar menjadi kota terakhir untuk disambangi.

“Bali merupakan permintaan dari teman-teman eksibitor untuk dikunjungi,” ujar Anastasya ditemui di sela-sela WEEI 2022 Bali. Terbukti hanya satu jam setelah pembukaan, sedikitnya  500 pengunjung langsung memadati pameran pendidikan yang ditutup pada pukul 18.00 Wita tersebut.

Dalam acara ini, sebagian besar eksibitor internasional berasal dari Malaysia. Namun, cukup digandrungi juga oleh para pengunjung eksibitor dari Jepang, Swiss, Amerika Serikat, dan Irlandia, termasuk perguruan tinggi dalam negeri seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada, Sampoerna University, dan ITB STIKOM Bali.

Satria Prima, 18, siswa kelas XII dari SMAN 4 Denpasar mengaku tertarik dengan acara tersebut karena ingin mengetahui program-program beasiswa yang ditawarkan. “Semuanya menarik-menarik, bagus sih,” kata Satria.

Meskipun remaja yang ingin melanjutkan studi di bidang Ilmu Sosial dan Politik ini merasa sedikit kecewa, karena perguruan tinggi dari negara yang ingin ia tuju, yakni Jerman, tidak ada dalam acara tersebut.

Senada dengan Satria, Arya Deva, 18, siswa kelas XII dari SMAN 9 Denpasar termotivasi untuk mencari informasi mengenai program kuliah khususnya dalam negeri. Kata Arya, ia tertarik untuk melanjutkan studi di bidang teknologi di UI. Meskipun, ia juga mengaku tergoda untuk melanjutkan studi di Malaysia dengan biaya yang kompetitif setelah bertemu salah satu eksibitor.

Sementara eksibitor dari Multimedia University (MMU) Malaysia mengatakan jumlah pengunjung di WEEI 2022 Denpasar ini sangat luar biasa sebab mereka mendapatkan pengunjung yang cukup banyak. “Keramaiannya sangat bagus dan kami mendapatkan mahasiswa prospektif dengan jumlah yang lumayan,” kata Azimah, 27, perwakilan dari MMU.

“Acara yang sangat sukses,” kata James Sergeant, 39, International Recruitment Regional Manager Southeast Asia, University of Limerick (UL), Irlandia. James mengaku bahwa dari baru sekitar 30an mahasiswa sarjana hingga doktoral Indonesia di UL, mereka sangat ramah dan pandai bergaul.

Sementara itu, Anastasya Sri selaku Direktur Operasional MSW Global berencana akan memperluas cakupan kota di Indonesia untuk disambangi WEEI di tahun 2023. Anastasya mengaku senang ketika mendapatkan kabar baik dari para pengunjung yang akhirnya berhasil menggapai mimpi mereka melanjutkan studi di perguruan tinggi impian. *rat

Komentar