nusabali

Termakan Usia, Jembatan Kuning Keropos

  • www.nusabali.com-termakan-usia-jembatan-kuning-keropos

Jembatan ‘kuning’ sepanjang 150 meter yang menghubungkan Nusa Lembongan–Nusa Ceningan, di arungan (selat sempit), kondisinya keropos. 

Diusulkan untuk Pembangunan Jembatan Baru

SEMARAPURA, NusaBali
Karenanya jembatan tersebut tidak bisa dilalui sepeda motor. Jembatan hanya bisa dilintasi warga atau wisatawan dengan berjalan kaki. Itu pun harus dengan hati-hati, agar tak sampai terperosok.

Informasi dari warga, kerusakan jembatan Lembongan–Ceningan di kawasan Nusa Penida, diketahui warga sejak lama. Namun belakangan kerusakannya kian parah, sehingga warga pun khawatir dan waswas melintas. 

Warga menuturkan, perbaikan beberapa kali dilakukan, baik oleh pemkab dan juga atas inisiatif warga. Tetapi perbaikan tidak menyeluruh atau total. Perbaikan dilaksanakan secara tambal sulam, yakni mengganti atau memperbaiki bagian-bagian yang tingkat kerusakan sangat parah. Misalnya, bagian papan yang lapuk, baut dan tali kawat yang karatan dan keropos, serta yang lainnya. “Dilakukan secara manual,” ungkap warga.  Padahal warga menginginkan perbaikan atau pembuatan jembatan secara total, sehingga aman dan nyaman dilewati. “Apalagi Lembongan–Ceningan kan kawasan wisata,” imbuh warga.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Klungkung I Gusti Nyoman Supartana, mengiyakan, jembatan Lembongan-Ceningan sedang diperbaiki. “Sekarang sedang dikerjakan,” kata Gusti Supartana, Rabu (16/12). 

Hanya bagian mana yang mengalami kerusakan dan diperbaiki, Gusti Supartana menyatakan tak jelas. “Coba langsung hubungi Bidang Bina Marga. Itu yang tahu datanya,” imbuhnya.  

Namun demikian, dia sempat menyatakan bagian yang rusak di antaranya papan, tali temali putus. Anggaran untuk perbaikan sekitar Rp 200 juta.

Informasi di Bappeda Klungkung, usulan perbaikan Jembatan ‘Kuning’ Lembongan-Ceningan, dalam bentuk pembangunan jembatan baru. Sedang jembatan ‘kuning’ yang ada sekarang dilestarikan sebagai warisan dan daya tarik wisata. Usulan pembangunan dengan anggaran sebesar Rp 65 miliar diajukan ke Pemprov Bali dan ke pemerintah pusat, agar dapat bantuan keuangan khusus (BKK). 

“Mudah-mudahan bantuan tersebut bisa didapatkan,” ujar Kepala Bappeda Klungkung I Wayan Wasta didampingi Kabid Ekonomi Bappeda I Ketut Kusmayadi. 
“Usulan sudah masuk musrenbangnas,” tambah Wasta. 
Menurutnya, detail engineering design (DED) jembatan baru Lembongan-Ceningan sudah cukup lama, sejak 2006. 7 

Komentar