nusabali

Natasya Amanda dan Kusuma Wardana Dinobatkan sebagai Jegeg Bagus Badung 2022

  • www.nusabali.com-natasya-amanda-dan-kusuma-wardana-dinobatkan-sebagai-jegeg-bagus-badung-2022

MANGUPURA,NusaBali.com – Ni Nyoman Ayu Natasya Amanda dan I Gusti Ngurah Agung Kusuma Wardana dinobatkan sebagai Jegeg Bagus 2022 Kabupaten Badung, Minggu (28/8/2022) malam.

Sementara Runner Up 1 diraih I Gusti Agung Mas Maharani dan Anak Agung Gede Ari Laksana serta Runner Up 2 diraih Ni Putu Sintya Puspita Sari dan I Kadek Abi Sastra Yoga.

Pada Malam Grand Final  yang digelar di Ruang Kerta Gosana, Kantor Bupati, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Minggu (28/8/2022) malam, Natasha Amanda dan Kusuma Wardhana berhasil menyisihkan sembilan pasang finalis lainnya.

Pemenang Jegeg Bagus Badung 2022 akan menuju kontestasi Jegeg Bagus Provinsi Bali bulan November mendatang.  

"Tahun ini kami menitikberatkan pada wawasan dan perilaku, bagaimana sifat dan tata krama nya, karena merekalah yang akan membawa nama baik Kabupaten Badung," jelas Ketua Semeton Jegeg Bagus Badung, Gede Bagus Taruna Satria Arimbawa.

Pada Grand Final dengan tema 'Arya Duta Abhipraya' atau melaksanakan hal-hal mulia dengan nilai luhur dalam melaksanakan tugas dengan budi pekerti yang bisa diandalkan disaksikan ratusan tamu undangan dari berbagai kalangan.

Sepuluh finalis masing-masing memaparkan dan mempomosikan berbagai destinasi desa wisata diantaranya Desa Kapal, Desa Petang, Desa Carangsari dan berbagai desa wisata lainnya di wilayah Kabupaten Badung.

"Ini sebagai ajang promosi kepada masyarakat yang hadir malam ini, juga menggairahkan kembali potensi pariwisata lokal," terang Bagus Taruna.

Selanjutnya kesepuluh finalis, dieliminasi menjadi lima besar dan dalam lima besar terbaik, para finalis diuji kemampuan kecerdasannya saat menjawab berbagai pertanyaan oleh lima dewan juri yang terdiri dari para alumni Jegeg Bagus Badung, diantaranya AA Gede Ocha Rama Kharisma Putra yang merupakan Runner Up 1 Bagus Badung 2011 dan Ni Wayan Pratiwi Dewanti, Jegeg Badung serta Jegeg Bali 2014.

Selanjutnya setelah dua finalis gugur, tersisa tiga finalis dan kembali diuji kemampuannya oleh dua tamu undangan yaitu Ketua TP PKK Badung Seniasih Giri Prasta dan Kadis Pariwisata Badung I Nyoman Rudiarta, dengan menanyakan cara pandang tiga finalis tentang kepariwisataan serta budaya di kabupaten terkaya di Bali ini.

"Dari cara menjawab, menerangkan dan memberikan bahasa tubuh kepada para dewan juri dan penanya. Ketiganya memiliki kemampuan yang bagus, tetapi malam ini adalah malam puncak dan kami harus menentukan satu terbaik, walaupun dari segi penilaian telah kami lakukan semenjak masa karantina sebelumnya," tutur Bagus Taruna.

Malam grand final penganugerahaan Jegeg Bagus Kabupaten Badung 2022 mendapat apresiasi Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa.

"Patut kita syukuri dan banggakan karena di balik keterbatasan yang ada saat ini tetapi Sameton Jegeg Bagus Badung dapat menyelenggarakan grand final yang berjalan dengan lancar," ujar Suiasa yang menyaksikan di Ruang Kerta Gosana.

Wabup berharap talenta para finalis yang hadir di malam grand final tidak sekadar mengikuti ajang, melainkan dapat menggali potensi diri dan melahirkan karya-karya yang menginspirasi bagi generasi muda lainnya. *aps

"Harapan kita mereka dapat mengembangkan karakter dan menjadi bekal pembentukan pribadi yang baik   untuk membawa nama Kabupaten Badung, serta mendukung selalu program pemerintah sebagai duta pariwisata dan budaya," harapnya. *aps

Komentar