nusabali

Tips Pilih AC Cassette untuk Ruang Kantor atau Gedung

  • www.nusabali.com-tips-pilih-ac-cassette-untuk-ruang-kantor-atau-gedung

DENPASAR, NusaBali.om - Memilih air conditioner (AC) sebagai pendingin udara di dalam kantor tidak semudah memilih sistem penyejuk udara untuk rumah. Sebab, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan pada saat memilih penyejuk udara untuk kantor.

Anda tidak bisa hanya sekedar memanfaatkan AC seperti AC Multi Split. Anda membutuhkan pendingin udara yang jauh lebih besar untuk skala lebih luas. 

AC Cassette adalah jawabannya. Alasan mengapa AC model ini lebih cocok digunakan di kantor atau di ruangan luas adalah, bisa ditempatkan di tengah-tengah ruangan. Sehingga, model AC menawarkan pendistribusian udara dingin yang lebih merata.

Di samping itu, penyejuk udara yang dipasang di langit-langit ini juga memiliki daya tarik estetika sangat baik. Terutama untuk menghindari merusak pemandangan. AC model ini akan ditempatkan di langit-langit sehingga tampak tersembunyi atau seolah-olah menyatu dengan plafon. 

Sebagian besar mesin AC berada di luar ruangan. Sehingga, apabila terjadi kerusakan atau masalah, teknisi AC bisa langsung memperbaikinya tanpa mengganggu kinerja karyawan atau aktivitas di dalam gedung.

Apalagi, ruang kerja yang dilengkapi pengkondisi udara atau AC jelas akan lebih nyaman dan mendukung performa kerja karyawan. Para peneliti dari University of Michigan memaparkan, suhu ruangan yang mendukung juga mengurangi kondisi stres dan depresi di kantor.

"Suhu yang tinggi akan mengakibatkan kondisi tubuh mudah berkeringat dan lembab. Kondisi ini juga berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan yang mempengaruhi kelancaran performa kerja. AC juga membantu ruangan kerja terlindung dari polusi udara. Dimana polusi udara sendiri sudah menjadi biang penyakit yang menghantui kesehatan pekerja di area kerja," demikian berdasarkan ulasan jurnal kesehatan University of Michigan.

Lantas, bagaimana cara memilih AC model ini? Simak ulasannya berikut ini :

Hitung Luas Ruangan

AC Cassette punya banyak merk, jenis dan juga kapasitas yang harus diperhatikan. Sehingga, menghitung luas ruangan begitu penting sebelum anda menentukan berapa kapasitas AC Cassette yang akan anda pasang pada ruangan tersebut. Sebagai contoh, ukuran ruangan yang akan dipasang AC Cassette adalah 20 meter persegi. Maka, Anda bisa pasang AC cassette berkapasitas 2 hingga 2,5 PK.

Perhitungkan Desain Ruangan

Tidak hanya memperhitungkan ukuran ruangan, Anda juga harus perhitungkan bentuk dari ruangan tersebut. Hal ini lebih ke dekorasi ruangan agar AC Cassette yang dipasang sesuai dengan ruangannya. Karena bentuk AC Cassette pun tidak hanya persegi tapi ada juga yang melingkar. Maka, pertimbangan desain ruangan harus dicocokan juga dengan bentuk AC Cassette yang nantinya akan dipasang.

Pasang AC Sesuai Kapasitas

Kapasitas PK AC memang penting. Setelah Anda memperoleh perhitungan luas ruangan, Anda juga harus melihat ruangan tersebut menghadap matahari atau tidak. Apabila ruangan Anda menghadap matahari dan menampung banyak orang di dalamnya, maka kapasitas PK yang dipilih harus ditingkatkan lagi. Sebagai contoh, sesuai luas ruangan terhitung 2,5 PK, maka gunakan AC Cassette dengan kapasitas 3 PK. Belilah AC dengan kapasitas lebih tinggi daripada rendah. Cara ini dapat membantu Anda memiliki udara dingin sesungguhnya dari penyejuk udara AC Cassette.

Beli AC Cassette dengan Fitur Canggih

Ada baiknya sedari awal Anda memilih AC Cassette dengan fitur canggih. Tentunya fitur tersebut ada pada AC dengan keluaran terbaru. Fitur canggih pada AC akan banyak membantu anda saat akan mengoperasikannya.

Kemungkinan harganya sudah pasti jauh lebih mahal. Namun, jika bicara tentang kenyamanan, akan lebih baik beli AC yang mahal daripada beli AC yang murahan namun mudah mengalami masalah.

Komentar