nusabali

Ornamen Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala Rontok

  • www.nusabali.com-ornamen-gedung-balai-budaya-giri-nata-mandala-rontok

MANGUPURA, NusaBali - Belum genap lima tahun, gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala di Pusat Pemerintahan (Puspem) Badung sudah rusak pada bagian ornamennya.

Belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun kabarnya bagian ornamen yang terbuat dari batu bata pres itu rontok. Kini di lokasi masih dipasangi police line dan ditutupi jaring paranet berwarna hitam.

Pantauan di lokasi, ornamen yang mengalami kerusakan tepat berada di sebelah kantor sementara KPU Badung. Pihak terkait, termasuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung kini tengah melakukan kajian untuk mengetahui penyebabnya.

Kadis PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba, tak menampik adanya kerusakan pada bagian ornamen gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala. Namun, dia mengaku belum mengetahui apa penyebabnya. Kerusakan itu pun masih dalam proses kajian PUPR Badung dan juga rekanan.

“Iya, pasangan tempelan batanya lepas. Lagi kita kaji penyebab tempelan bata tidak nempel dengan bagus. Minggu ini rencana akan diperbaiki,” ujar Surya Suamba, Senin (15/5).

Surya Suamba menyebut, untuk perbaikan masih menjadi tanggung jawab rekanan, lantaran masih waktu pemeliharaan dari rekanan. “Jadi masih tanggungjawab penyedia terkait jaminan konstruksi ini, sehingga kita tidak mengeluarkan anggaran untuk perbaikannya lagi,” sebut birokrat asal Tabanan ini.

Untuk diketahui, gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala tersebut dikerjakan oleh PT Tunas Jaya Sanur. Proyek yang menelan anggaran sekitar Rp 336 miliar itu rampung pada akhir Agustus 2019. Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala yang berada di sisi selatan Puspem Badung diklaim memiliki piranti canggih seperti LED, sound system, dan lighting berstandar internasional. 7 ind

Komentar