nusabali

Perbasi Gianyar Rancang Program Try Out dan Try In

  • www.nusabali.com-perbasi-gianyar-rancang-program-try-out-dan-try-in

GIANYAR, NusaBali
Pengkab Perbasi Gianyar merancang program try out dan try in untuk mematangkan atletnya menjelang Porprov Bali XV/2022.

Rencananya, try out menyasar di Sidoarjo, Jawa Timur. Sedangkan tim basket Porprv Gianyat terus menjalani latihan intensif tiga bulan sebelum pelaksanaan pertandingan di GOR Purna Krida Kerobokan, Badung.

Ketua Pengkab Perbasi Gianyar, Made Purwita mengatakan, rencana try out menyasar daerah luar direncanakan sejak lama, dan masuk tahapan persiapan Porprov. Namun try out belum dapat dipastikan terealisasi atau tidak, meskipun sudah diputuskan pada akhir September atau awal Oktober.

“Semua belum fix, karena membutuhkan kepastian anggaran dari KONI Gianyar. Ujicoba sangat diperlukan untuk menambah jam terbang, dan mengukur proses latihan selama ini. Sebab lewat ujicoba kita dapat melihat perkembangan pemain. Tapi kendala kita di anggaran," kata Purwita, Minggu (22/8).

Menurut Purwita, anggaran yang besar dibutuhkan jika melaksanakan try out. Sedangkan sampai sekarang Perbasi Gianyar masih menunggu realisasi anggaran dari KONI Gianyar untuk persiapan Porprov.

"Kalau try out tidak bisa kita lakukan ke luar daerah, kita upayakan yang lokal Bali saja," kata Purwita, yang juga Sekum Pengprov PABSI Bali.

Purwita menyebutkan bisa saja menyasar sejumlah klub bola basket yang ada di Kabupaten Buleleng, Denpasar, ataupun Bangli. Sehingga mereka benar - benar dapat mengasah kemampuan jelang turun di ajang Porprov.

"Untuk lokal kita pastikan dapat terlaksana ujicoba, apakah nanti kita mendatangkan langsung lawan sparing, atau kita mendatangi klub basket di sejumlah daerah di Bali. Terpenting mereka dapat mengasah kemampuannya," kata mantan Sekretaris KONI Gianyar itu.

Purwita menambahkan, volume latihan akan terus ditingkatkan. Dari sekarang tiga kali menjadi empat kali sepekan, hingga mencapai latihan maksimal lima sepekan saat mendekati Porprov. Dengan demikian, para pemain benar-benar siap tampil mewujudkan target satu emas, dan satu perunggu.

Dari empat nomor cabor basket, Gianyar absen di nomor 5X5 putra. Namun Perbasi ingin mempertahankan emas di sektor 3X3 putri, dan di nomor 5X5 putri. Sedangkan nomor 3X3 putra diharapkan tembus final. *dek

Komentar