nusabali

Antisipasi Cacar Monyet, Diskes Bentuk Tim Penanggulangan

  • www.nusabali.com-antisipasi-cacar-monyet-diskes-bentuk-tim-penanggulangan

MANGUPURA, NusaBali
Pasca diumumkannya kasus cacar monyet pertama di Indonesia, Pemerintah Kabupaten Badung langsung membentuk tim untuk penanggulangan.

Sosialisasi sebagai langkah pencegahan sudah mulai dilakukan. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Badung dr I Wayan Darta, mengatakan saat ini sedang melakukan sosialisasi di internal, baik di Diskes, rumah sakit, puskesmas, klinik dan juga klinik yang ada di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Menurutnya, Kabupaten Badung sebagai pintu masuknya Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tentunya sangat rentan terjadi penularan. “Begitu ada informasi (cacar monyet) kami langsung melakukan sosialisasi dulu,” katanya, Minggu (21/8).

Selain sosialisasi, tim penanggulangan cacar monyet akan melibatkan tenaga kesehatan dari rumah sakit, puskesmas, dan pusat pelayanan kesehatan yang ada di pintu masuk. Meski virus cacar monyet ini belum ada vaksinasinya, namun pihaknya mengaku telah menyiapkan obat-obatan untuk antisipasi. “Obat-obatan kami juga sudah siapkan untuk antisipasi,” tegas Dirut RSD Mangusada ini.

Tim yang dibentuk ini, lanjut dr Darta, juga telah melakukan pengetatan di pintu masuk, seperti di Bandara Ngurah Rai untuk mengantisipasi apabila ada keluhan orang yang baru datang dari negara yang dicurigai adanya virus cacar monyet. “Kalau memang ada kasus, kita segara mengambil sampel darah untuk diperiksa di laboratorium,” tegasnya. *ind

Komentar