nusabali

Paskibraka Badung 2022 Dikukuhkan

  • www.nusabali.com-paskibraka-badung-2022-dikukuhkan

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 70 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Badung Tahun 2022 dikukuhkan secara resmi oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Wantilan Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung, Minggu (14/8).

Para generasi muda yang berasal dari SMA/SMK se-Badung ini akan bertugas saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8) mendatang di Lapangan Puspem Badung.

Selain Bupati Giri Prasta, upacara pengukuhan juga dihadiri Ketua DPRD Badung Putu Parwata beserta Pimpinan Forkopimda Badung, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa serta pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Badung. Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Sosial Badung I Ketut Sudarsana, mengatakan dalam rangka persiapan HUT Ke-77 RI, telah dilaksanakan seleksi pasukan pengibar bendera pusaka. Seleksi berlangsung sangat ketat, dengan dibina langsung oleh instruktur dari Polresta Denpasar, Kodim 1611/Badung, Polres Badung, Disdikpora dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

“Pelatihan telah dilaksanakan mulai 23 Juli hingga 16 Agustus 2022. Dengan persiapan ini Paskibraka Badung secara fisik dan mental sudah optimal untuk melaksanakan tugas pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada puncak peringatan HUT Ke-77 RI pada 17 Agustus 2022,” kata Sudarsana.

Dikatakan, jumlah paskibraka yang akan bertugas sebanyak 70 orang. Mereka perwakilan dari SMA dan SMK se-Badung. Paskibraka Badung dikelompokkan ke dalam tiga kelompok, yaitu kelompok 17, kelompok 8 dan kelompok 45. “Mereka akan bertugas saat pengibaran maupun penurunan bendera merah putih,” jelas Sudarsana.

Sementara itu, Bupati Giri Prasta mengajak adik-adik Paskibraka untuk menanamkan empat pilar kebangsaan di hati sanubari serta bersama-sama untuk mengepalkan tangan untuk memekikkan salam kebangsaan ‘merdeka’. Terkait pengukuhan Paskibraka ini, Bupati Giri Prasta berterima kasih kepada tim pelatih yang sudah membina adik-adik Paskibraka Badung, sehingga sudah siap menjalankan tugas mulia pada peringatan HUT Ke-77 RI pada 17 Agustus 2022.

“Kami sangat mengapresiasi, karena kami melihat adik-adik Paskibraka Badung sudah sangat luar biasa semangatnya, semoga dapat menjalankan tugas dengan baik dan paripurna,” harap Bupati Giri Prasta.

Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang juga berpesan kepada adik-adik Paskibraka untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme. Begitu pula selalu menjaga empat pilar kebangsaan yaitu, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. *ind

Komentar