nusabali

DKP Klaim Minat Baca Masyarakat Klungkung Naik

  • www.nusabali.com-dkp-klaim-minat-baca-masyarakat-klungkung-naik

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Klungkung mengklaim minat baca masyarakat di Klungkung naik, dari 40,20 persen pada tahun 2021 menjadi 50,42 persen pada tahun 2022.

Kendati demikian angka tersebut masih berada dalam kategori rendah. Kepala DKP Klungkung I Komang Gde Wisnuadi, guan terus meningkatkan minat baca tersebut, pelbagai upaya telah dilakukannya. Antara lain, menawarkan kupon undian berhadiah bagi pembaca buku koleksi mobil perpustakaan keliling. Mobil ini kembali beroperasi setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19. Terobosan bertema ‘Bulan Merdeka Membaca’ memiliki aturan main untuk bisa mendapat kupon undian berhadiah yang akan diundi pada Minggu, 18 September 2022.

Lanjut dia, para peserta khususnya siswa SD dan SMP yang membaca buku yang tersedia pada mobil perpustakaan keliling dengan waktu minimal 15 menit. Setelah membaca anak-anak tersebut diminta mengisi sebuah blanko untuk keterangan judul buku yang dibaca, ringkasannya, serta pelajaran atau hikmah yang diperoleh pascamembaca buku. "30 pengunjung pertama yang telah membaca buku dan mengisi blanko, berkesempatan untuk mendapatkan sebuah kupon undian berhadiah," ujar Wisnuadi, Rabu (10/8).

Disebutkan, rata-rata umur warga yang membaca buku ke perpustakaan daerah dari usia 12 tahun - 23 tahun. Sehingga jenis bacaan yang paling digemari buku-buku best seller. "Kami memiliki koleksi buku 23.000 jenis, yang tersebar di perpustakaan daerah, desa, ataupun di perpustakaan keliling,” ujar Wisnuadi.*wan

Komentar