nusabali

Pejudo Komang Ardiarta Kejar Hongkong Open

  • www.nusabali.com-pejudo-komang-ardiarta-kejar-hongkong-open

Pejudo pelatnas asal Bali Komang Ardiarta mematok target juara kelas -73 kg pada kejuaraan Hongkong Open.

JAKARTA, NusaBali
Meski pada Mei akan berlangsung dua kejuaraan judo bertaraf internasional, Islamic Solidarity Games (ISG) dan Hongkong Open sebagai ajang try out bagi atlet SEA Games Indonesia. "Di bulan Mei ada dua kejuaraan, saya fokus di Hongkong Open. Kalau ISG saya tidak ikut," ujar Ardiarta kepada NusaBali, Selasa (12/4).

Guna mempersiapkan diri ke Hongkong Open, Ardiarta berlatih intensif di pelatnas. Bahkan ia mempelajari rekaman para pejudo luar negeri agar menambah pengetahuan dan teknik bertanding.

Rata-rata ia mempelajari cara bermain pejudo di kelas -73 kg. Darisana ia banyak memetik pelajaran, terutama mengenai kelincahan, power dan timing yang tepat untuk mengarahkan serangan ke lawan. Menurutnya, untuk menjatuhkan lawan perlu timing yang pas. Salah satunya ketika lawan sedang lengah sehingga ia berpeluang mendapatkan nilai.

Selain belajar melalui rekaman, Ardiarta juga menjalani latih tanding dengan pejudo junior dari Jawa Barat. Menurutnya, latih tanding dengan pejudo junior dapat menambah teknik bertanding pula.

"Kalau sparring, paling dengan pejudo PPLP Jawa Barat. Mereka masih junior, tapi sangat bagus menjadi sparring partner," jelas Ardiarta.

Menurut Ardiarta, ia pernah pula menjalani latih tanding dengan pejudo Jepang. Ada tiga pejudo Negeri Matahari Terbit datang ke pelatnas beberapa minggu lalu. Rinciannya dua pejudo putrid dan satu pejudo putra. Pejudo kelahiran Desa Akah, Banjar Pekandalam, Klungkung, 17 November 1996 ini latih tanding dengan pejudo putra.

"Dia di atas saya, dia main di kelas 90 kg. Teknik dan powernya bagus," imbuh Ardiarta. Dengan modal latih tanding dan melihat rekaman pejudo luar negeri, Ardiarta berharap besar bisa meraih gelar juara di Hongkong nanti. "Astungkara, semoga saya bisa juara disana," katanya. Ia sendiri belum mengetahui peta persaingan Hongkong Open.

Namun sebagai atlet ia siap menghadapi siapa saja. Terlebih sebelum ke Hongkong Open, Ardiarta akan menjalani training camp terlebih dahulu di Korea. Untuk keberangkatan ke Negeri Ginseng ia masih menunggu jadwal. *k22

Komentar