nusabali

Bantuan STB Masuk Proses Validasi

  • www.nusabali.com-bantuan-stb-masuk-proses-validasi

SINGARAJA, NusaBali
Proses penyaluran bantuan Set Top Box (STB) gratis bagi masyarakat miskin di Buleleng, telah masuk tahap validasi atau verifikasi data.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Buleleng Ketut Suwarmawan mengatakan, dari 148 desa dan kelurahan di Buleleng, kini sudah 90 persen sudah mengirimkan data untuk divalidasi.

"Sudah 90 persen. Masih menunggu berapa desa karena ada beberapa desa yang salah, terutama pengisian pada pengisian form. Kita akan tunggu sampai malam ini," ujar Suwarmawan, dikonfirmasi Minggu, (31/7).

Suwarmawan menyebutkan, dari jumlah data awal penerima STB gratis di Buleleng, mencapai 34.362 kartu keluarga, dengan total 128.272 jiwa. Jumlah tersebut, bisa berkurang setelah dilakukan validasi kembali. Karena ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi oleh penerima bantuan STB gratis.

Suwarmawan mencontohkan, satu syarat yang harus dipenuhi yakni masyarakat penerima STB gratis harus memiliki televisi. "Pasti ada yang tidak memenuhi syarat, salah satunya mereka harus memiliki TV. Bisa jadi beberapa orang itu tidak memiliki TV," kata dia.

Setelah validasi selesai dilakukan di tingkat kabupaten, data calon penerima bantuan STB tersebut dikirim ke Kementerian Kominfo RI. Kata Suwarmawan, pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut terkait pengiriman data tersebut. Karena, saat ini masih ada beberapa desa yang belum mengirimkan data untuk validasi.

Suarmawan mengungkapkan, nantinya untuk pendistribusian STB gratis tersebut akan dilakukan hingga 22 November mendatang, sebelum analog switch off  (ASO) atau pemberhentian siaran siaran analog.

"Mekanisme pendistribusiannya ada di Kementerian Kominfo. Yang diberikan adalah status rumah tangga. Berapa data yang memenuhi syarat, itu yang diberikan," kata Suwarmawan. *mz

Komentar