nusabali

Borong Alkes Baru Rp 42,57 Miliar

  • www.nusabali.com-borong-alkes-baru-rp-4257-miliar

Anggaran pengadaan alat kesehatan Rp 33,35 miliar, untuk laboratorium Rp 9,22 miliar. Gedung paviliun dengan kamar VIP, VVIP, dan super VVIP sudah dioperasionalkan.

MANGUPURA, NusaBali
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mangudasa Badung mendapat gelontoran Rp 42,57 miliar untuk pengadaan alat kesehatan (alkes) dan laboratorium. Anggaran diambil dari APBD induk 2016. 

Berdasarkan data yang dikumpulkan, Senin (14/12), pengadaan alkes RSUD Mangusada mendapat aliran dana tergemuk dengan total anggaran Rp 33,35 miliar lebih. Sementara pengadaan alat laboratorium anggarannya hanya sebesar Rp 9,22 miliar lebih, atau keseluruhan Rp 42,57 miliar lebih.

Dikonfirmasi soal pengadaan alkes dan laboratorium, Direktur Utama RSUD Mangusada Badung dr Agus Bintang Suryadhi menjelaskan, pengadaan alat kesehatan yang dianggarakan tahun 2016 untuk melengkapai peralatan yang sudah ada. Misal alat canggih pemecah batu ginjal. Alat pemecah batu ginjal namanya ESWL (extracorporeal shock wave lithotripsy).

“Tahun 2016, kami mengusulkan alat pemecah batu ginjal. Kelebihan alat ini tidak perlu melakukan operasi untuk menghancurkan batu ginjal dalam ukuran tertentu,” jelas dr  Bintang. 

Selain pengadaan ESWL, pengadaan alkes yang lain di antaranya peralatan fisioterapi, peralatan X-Ray untuk gedung E. Penambahan tempat tidur ICCU dari 3 menjadi 5 tempat tidur dan pembelian peralatan laboratorium patologi klinik, laboratorium patologi anatomi, dan laboratorium mikrobiologi.

Disinggung soal operasional Paviliun Mangusada, pejabat asal Lukluk, ini mengungkapkan gedung dengan pelayanan internasional ini sudah mulai beroperasi. Bahkan sudah ada delapan pasien menjalani rawat inap sampai dengan sekarang. “Ada juga pasien warga negara asing,” ungkap dr Bintang.

Gedung Paviliun memiliki beberapa kelas yakni VIP, VVIP, dan super VVIP. Untuk jumlah kamar VIP sebanyak 32 kamar, VVIP ada lima kamar, dan super VVIP ada dua kamar.

Dari total 180-an pegawai yang diterima pihak rumah sakit tahun 2015, sebanyak 78 orang akan ditempatkan di paviliun. Sisanya ditempatkan di gedung B dan C. Mereka berposisi di bagian perawatan, poliklinik, ICU, dan beberapa posisi yang lain. RSUD Mangusada Kabupaten Badung memberikan pembekalan khusus kepada pegawai kontrak yang baru direkrut, karena mereka akan ditempatkan di ruangan bertaraf internasional. 7 asa

Komentar