nusabali

Damkar Karangasem Tangani Kebakaran Lahan di 2 Lokasi

  • www.nusabali.com-damkar-karangasem-tangani-kebakaran-lahan-di-2-lokasi

AMLAPURA, NusaBali
Petugas pemadam kebakaran Karangasem melakukan penanganan kebakaran lahan di dua lokasi dalam waktu hampir bersamaan.

Kebakaran lahan itu terjadi di Banjar Tegallanglangan, Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem, Sabtu (23/7) pukul 10.50 Wita, satu lagi kebakaran di Banjar Bukit Asah, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, pukul 11.30 Wita. Kadis Pemadam Kebakaran Karangasem I Nyoman Siki Ngurah berbagi tugas Penanganan di Banjar Tegallanglangan, Desa Datah, Kecamatan Abang, melibatkan 10 petugas diangkut 4 unit kendaraan dengan menghabiskan 8.500 liter air. Kebakaran lahan yang terjadi di Banjar Tegallanglangan, dilaporkan warga setempat Rahayu, diterima petugas jaga I Kadek Darta.

Siki Ngurah mengatakan, setelah petugas terjun ke lokasi kebakaran, lahan di pinggir jalan yang terbakar seluas 10 are. "Belum diketahui penyebab kebakaran itu, masih dalam penyelidikan. Lahan terbakar, berupa alang-alang yang telah kering," katanya. Api cepat merambat, karena tiupan angin dari pantai cukup kencang, Syukurnya, terjadi sodetan, sehingga api tidak mampu menjalar ke lahan yang ada di sebelahnya.

Petugas katanya berupaya melakukan penanganan secepat mungkin, biasanya kebakaran lahan terjadi di Kecamatan Kubu, atau hutan Gunung Agung. Petuags lebih cepat melakukan penanganan karena kejadiannya di pinggir jalan, sehingga dengan mudah melakukan pendinginan.

Sedangkan, kebakaran yang terjadi di Banjar Bukit Asah, Desa Bugbug, tepatnya di puncak jurang bagian selatan atau di atas pantai menurut Siki Ngurah juga menerjunkan 10 petugas diangkut 4 unit kendaraan, melakukan penanganan dengan menghabiskan 8.000 liter air. "Bukit Asah merupakan objek wisata, kami melakukan penanganan cepat, agar api tidak menjalar lebih, luas, kebakaran hanya menghanguskan 5 are, di bibir jurang milik Desa Adat Bugbug. Kelian Desa Adat Bugbug I Nyoman Purwa Ngurah Arsana mengapresiasi tindakan cepat petugas sehingga kerugian yang terjadi bisa diminimalkan. "Kami apresiasi tindakan cepat petugas," katanya. *k16

Komentar