nusabali

Pelaku UMKM Karangasem Diajak Tingkatkan Branding dan Masuk e-Commerce

  • www.nusabali.com-pelaku-umkm-karangasem-diajak-tingkatkan-branding-dan-masuk-e-commerce

AMLAPURA, NusaBali.com - Sebagai upaya agar Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) di Bali, khususnya di Karangasem bisa berdaya saing, puluhan pelaku UMKM di Kabupaten Karangasem menyimak workshop Pemasyarakatan E-commerce, Senin (18/7/2022).

Workshop ini hasil kolaborasi Anggota DPR RI Komisi VI I Nyoman Parta dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI bersama  Bank BRI Karangasem  ini digelar untuk memberikan ruang dan kesempatan belajar terkait branding produk dan pemasarannya melalui e-commerce. 

“Harapannya,  para pelaku UMKM, khususnya di Karangasem mampu menambah skill dalam bidang branding produk dan pemasaran di e-commerce,” kata Parta. 

Politisi asal Desa Guwang, Sukawati Gianyar ini menyatakan para pelaku usaha harus haus akan ilmu baru dalam dunia branding, terlebih ketika ingin produknya memiliki nilai lebih dan naik kelas. 

“Jangan bermental cukup, harus terus belajar dan adaptasi dengan perkembangan zaman, seperti sekarang sudah hadir banyak marketplace untuk memudahkan berjualan, maka harus dimanfaatkan dengan baik,” ajaknya. 

Selain itu, perlu dipahamai cara membranding yang tepat untuk produk untuk meningkatkan nilai sebuah produk. "Bagaimana memberikan nama, kemasan yang cocok dengan segala pertimbangan jenis produk yang dijual, hingga memikirkan strategi jualan di e-commerce," jelasnya. 

Ditambahkan Parta, saat ini produk bisa dikenal dan dikirim kemana saja. "Jadi peluang ini harus kita bidik, selaras dengan peningkatan standar kualitas produk yang dimiliki,” tambahnya. 

Kepada perbankan, Nyoman Parta berharap agar permodalan untuk pelaku usaha tidak dipersulit. "Bahkan, jika ada ada program pendampingan akan sangat luar biasa," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Kapasitas Usaha Mikro pada Deputi Usaha Mikro Hariyanto yang hadir dalam kesempatan tersebut juga memberikan dukungan penuh dan berharap seluruh peserta mengikuti acara dengan serius karena sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas dan pemasaran produknya. 

“Harus ditingkatkan dengan pelatihan-pelatihan seperti sekarang ini, harapanya semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas para pelaku UKM di Karangasem,” kata Hariyanto. 

Secara khusus, Bupati Karangasem I Gede Dana juga hadir dalam kesempatan tersebut sekaligus berharap acara seperti ini bisa terus dilakukan di Kabupaten Karangasem. Mengingat para pelaku UMKM sangat membutuhkan ilmu-ilmu baru agar produk dan pemasarannya juga semakin berkembang. 

Pihaknya juga mengapresiasi Nyoman Parta yang telah membawa program ini ke Kabupaten Karangasem. “Saya kenal beliau sangat lama, dan memang pribadinya selalu fokus memperjuangkan kepentingan rakyat dan dan jika memperjuangkan suatu hal pasti sampai tuntas,” ungkapnya. 

Sementara salah satu peserta Putu Fokus yang memiliki usaha dupa harum, mengaku sangat senang bisa dilibatkan dalam acara ini. “Usaha saya sudah berjalan setahun, awalnya hanya modal Rp 500 ribu saja dan masih saya kerjakan sendiri, bersyukur sampai saat ini sudah banyak reseller dan produk sudah mulai dikenal,” ungkapnya. 

“Dengan adanya acara ini, saya lebih sadar untuk branding produk dan semakin semangat memperluas pasar,” lanjut Putu Fokus. 

Komentar