nusabali

SMPN 6 Tabanan Kekurangan Siswa

  • www.nusabali.com-smpn-6-tabanan-kekurangan-siswa

TABANAN, NusaBali
Daya tampung 224 siswa yang dimiliki SMPN 6 Tabanan tak tercapai maksimal pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022.

Pasalnya SMP 6 Tabanan  hanya mendapat siswa 166 orang, sehingga 2 kelas masih tersedia.Kekurangan siswa ini diketahui setelah jadwal pendaftaran  ulang yang dilaksanakan Selasa (5/7) dan Rabu (6/7).

Kepala SMPN 6 Tabanan I Ketut Sutrisna mengatakan SMPN 6 Tabanan kekurangan siswa hingga 2 kelas.  “Kami kurang lagi 2 kelas, per kelas isi 32 orang,” jelas Sutrisna, Kamis (7/7).

Sutrisna mengungkapkan bahwa sebelum dilakukan pendaftaran ulang, SMPN 6 Tabanan mendapat 141 siswa. Rinciannya 119 dari jalur zonasi, 22 dari jalur afirmasi dan prestasi. Kemudian ada tambahan siswa dari Dinas Pendidikan Tabanan sebanyak 51 orang sehingga yang mendaftar sebanyak 198 orang. Namun pada saat mendaftar ulang yang datang hanya 166 orang. “Apa mungkin sudah ke sekolah lain siswanya, kami dapat 166 siswa sehingga kurang lagi 2 kelas,” tegasnya.

Kendatipun sudah dilaksanakan pendaftaran ulang, jika memang ada siswa yang belum mendapat sekolah, SMPN 6 Tabanan siap menampung. “Kami mencari 224 siswa sudah sesuai dengan daya tampung dan kelengkapan sarana dan prasaran. Maka segitu kami ajukan ke Dinas Pendidikan,” tandasnya.

Sementata itu Kabid SMP Dinas Pendidikan Tabanan Gusti Agung Sri Wahyuni mengatakan secara umum, jumlah tamatan SD tahun ini jauh lebih kecil dari tahun sebelumnya. "Jadi semua sekolah akan menurun jumlah siswanya," terangnya.

Untuk diketahui proses PPDB di Tabanan telah selesai. Seluruh jalur yang ditentukan pemerintah sudah diumumkan. Bahkan pendaftaran ulang sudah dilakukan sejak 4-6 Juli 2022.

Kemudian untuk daya tampung tahun 2022 ini melebihi, karena untuk jumlah lulusan SD tahun 2022 sebanyak 5.555 sedangkan daya tampung mencapai 6.464 orang dengan jumlah per rombel 32 orang.*des

Komentar