nusabali

Tiga Incumbent PDIP Merasa Tertantang

Tanggapi Santai Putri Bupati Karangasem Masuk Bursa Caleg

  • www.nusabali.com-tiga-incumbent-pdip-merasa-tertantang

AMLAPURA, NusaBali
Digadangnya putri kedua Bupati Karangasem I Gede Dana, yakni Ni Kadek Yulita Sinta Dewi masuk bursa bakal calon anggota legislatif (Caleg) di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 dari Dapil IV (Kecamatan Abang) ditanggapi santai tiga anggota DPRD Karangasem dari Dapil VI Kecamatan Abang, yakni I Ketut Suardana, Ni Kadek Sri Dewi Wahyuni, dan I Wayan Geden.

Mereka yang juga dijagokan maju kembali sebagai Caleg di Pileg 2024 ini bahkan merasa tertantang dengan kehadiran putri Bupati ini.

"Tentu bukan ancaman, justru merasa tertantang untuk meraih suara lebih besar. Kan yang menentukan warga pemilih," ujar Ketua PAC PDIP Abang I Ketut Suardana yang juga anggota DPRD Karangasem dari Fraksi PDIP dihubungi di Sekretariat DPRD Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Senin (4/7) siang.

Bahkan Suardana mensyukuri putri Bupati Karangasem masuk bursa Caleg, sehingga dukungan untuk PDIP akan semakin besar dan solid. Suardana juga berencana menaikkan perolehan dukungan di Pileg 2024 nanti, yakni dari 2.002 suara (Pileg 2019) menjadi 4.000 suara. "Nanti siapa yang akan lolos memenangkan kursi DPRD Karangasem, jumlah dukungan yang menentukan," kata Suardana.

Sedangkan I Wayan Geden mengaku posisinya tidak terancam atas munculnya wacana untuk memasukkan putri Bupati Karangasem sebagai Caleg. "Kenapa terancam, terpenting kan berupaya meraih dukungan suara sebanyak-banyaknya, target saya meraih minimal 4.500 suara nanti, sedangkan saat Pileg 2019 saya dapat dukungan 4.873 suara," kata Geden.

Hal serupa diungkapkan Ni Kadek Sri Dewi Wahyuni. Di Pileg 2024 nanti dia target raih 4.000 suara naik dari jumlah suara di Pileg 2019 yang hanya 1.975 suara.

"Target saya nanti meraih dukungan 4.000 suara, saya harus optimis bisa," katanya. Sri Dewi Wahyuni sendiri menjadi anggota DPRD Karangasem dengan status pergantian antar waktu (PAW). Dia menggantikan I Gede Dana yang terpilih sebagai Bupati Karangasem periode 2020-2024 pada Pilkada Karangasem 2020 lalu.

Sebelumnya Bupati Karangasem I Gede Dana mengatakan berencana memasukkan putri keduanya Ni Kadek Yulita Sinta Dewi masuk bursa Caleg DPRD Karangasem. Dia beralasan di Kecamatan Abang masih krisis kader perempuan.

Di Dapil Karangasem VI Kecamatan Abang sendiri akan memperebutkan 7 kursi dari 45 kursi di DPRD Karangasem. Dari 7 kursi itu di tahun 2019 PDIP rebut 3 kursi, selebihnya dibagi rata masing-masing I Made Dondo Wijaya dari Gerindra dengan 3.249 suara, I Nyoman Mardana Wimbawa dari Golkar dengan 2.380 suara, I Komang Dwi Purna Adi Susila dari Hanura dengan 1.665 suara, dan I Nyoman Karta dari NasDem dengan 2.482 suara. *k16

Komentar