nusabali

Daftar Jurusan di Sekolah Menengah, Yuk Disimak!

  • www.nusabali.com-daftar-jurusan-di-sekolah-menengah-yuk-disimak

DENPASAR, NusaBali
SMA merupakan tingkatan terakhir pendidikan menengah yang ditempuh selama tiga tahun. Berbeda dengan SMK yang memiliki banyak jurusan tertentu, SMA hanya tersedia tiga jurusan.

1. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
IPA merupakan jurusan yang mempelajari ilmu-ilmu eksakta atau biasanya dikenal dengan ilmu pasti. Ilmu eksakta ini bersifat konkret, nyata, dan dapat dibuktikan lewat penelitian. Materi yang didapatkan di jurusan ini berkaitan dengan cara kerja lingkungan, ekosistem, hukum, serta makhluk hidup di dalamnya. Jurusan ini juga memperdalam matematika, oleh karena itu jurusan ini mempunyai nama lain, yakni MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

2. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
IPS merupakan jurusan yang mempelajari ilmu non-eksakta, artinya ilmu yang dipelajari tidak pasti dan berubah seiring dengan perubahan yang terjadi di masyarakat. Mata pelajaran yang dipelajari di IPS di antaranya meliputi pelajaran sosiologi atau ilmu yang mempelajari tentang masyarakat; geografi, yang mempelajari tentang peristiwa dan sifat bumi serta hubungannya dengan makhluk hidup. Selain itu, ada juga ilmu ekonomi yang mempelajari aktivitas manusia, seperti proses produksi, distribusi, serta konsumsi barang dan jasa.

3. Bahasa
Jurusan bahasa di SMA tidak hanya mempelajari bahasa dan sastra Indonesia secara mendalam saja, tetapi juga akan mempelajari banyak bahasa asing, tergantung ketersediaan guru di sekolah tersebut. Bahasa asing itu meliputi bahasa Jerman, Jepang, Inggris, Mandarin, dan Arab.

Jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
1. Akuntansi
Jurusan akuntansi menjadi jurusan dengan grade tertinggi di SMK. Di jurusan ini siswa akan mempelajari secara spesifik mengenai ilmu akuntansi. Pelajaran yang terdapat di jurusan ini meliputi aplikasi pengolah angka, akuntansi dasar, perbankan dasar, praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang dan manufaktur, praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah, dan sebagainya. Prospek karier di jurusan ini juga sangat bagus, sehingga jurusan akuntansi selalu banyak peminatnya.

2. Administrasi Perkantoran
Jurusan administrasi perkantoran mempelajari tentang tata kelola perkantoran seperti membuat surat, mengarsip dokumen, dan sebagainya. Untuk itu mata pelajaran yang tersedia di jurusan ini meliputi simulasi dan komunikasi digital, ekonomi bisnis, administrasi umum, teknologi perkantoran, kearsipan, otomatisasi tata kelola kepegawaian, dan lain sebagainya.

3. Multimedia
Di era digital saat ini, kemampuan komputer dan informatika sangat dibutuhkan di berbagai industri. Karena itulah jurusan multimedia banyak diminati. Di jurusan ini siswa akan mempelajari tentang desain grafis percetakan, pengembangan multimedia, pengembangan game, produksi sinema dan film, teknik animasi 2D dan 3D, teknik pengolahan audio dan video, produk kreatif dan kewirausahaan, desain media interaktif, sistem komputer dan pemrograman dasar.

4. Teknik Otomotif
Belajar di jurusan teknik otomotif, siswa akan memiliki prospek kerja sebagai perakit kendaraan yang sangat dibutuhkan perusahaan otomotif di Indonesia. Di jurusan ini terdaparlt pelajaran seputar teknik otomotif, dasar-dasar mesin, teknologi dasar otomotif, pekerjaan dasar teknik otomotif, pemeliharaan mesin kendaraan ringan, pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan, pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan, dan sebagainya. *

Komentar