nusabali

Empat IKM Tabanan Ramaikan PKB

  • www.nusabali.com-empat-ikm-tabanan-ramaikan-pkb

TABANAN, NusaBali
Sebanyak empat IKM (Industri Kecil Menengan (IKM) Tabanan ikut meramaikan pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV Tahun 2022.

IKM yang terlibat ini adalah hasil dari kurasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali dari total 25 IKM yang diusulkan oleh Dekranasda Kabupaten Tabanan.

Empat IKM yang terlibat ini adalah IKM Warna Warni, yakni, kerajinan tempat lilin hingga kerajinan frame pigura berbahan dari besi. Kemudian IKM Trisna Seselet adalah produk berupa kerajinan keris Bali. Selanjutnya ada Jineng Kebaya Bali menawarkan produk pakaian kebaya Bali. Dan terakhir, IKM Cemara Keramik menawarkan produk dalam bentuk beragam jenis keramik.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tabanan I Putu Santika menjelaskan empat IKMini sesuai kuota yang diberikan Dekranasda Pemprov Bali sesuai dengan hasil kurasi yang dilakukan. "Awalnya 25 IKM diusulkan, kemudian lolos 4 IKM," jelas Putu Santika, Minggu (12/6).

Diharapkan dengan keterlibatan IKM ini mampu memberikan semangat pelaku usaha dalam berkarya, sekaligus ajang ini diharapkan mendapat pemasaran yang lebih luas. "Keterlibatan IKM tampil di ajang PKB ini sebagai upaya kami Dinas Perindag memperluas pasar IKM," tegasnya.

Sementara itu, Kabid Industri Disperindag Tabanan yang sekaligus juga Sekretaris Dekranasda Tabanan, Anak Agung Mirah Ariani menjelaskan IKM yang tampil di PKB sesuai dengan arahan Dekranasda Pemprov Bali bahwa yang tampil hanya IKM berbentuk kerajinan. "Rekomendasi itu ditindaklanjuti dengan mengusulkan 25 IKM, dan hanya 4 IKM yang lolos. Menentukan lolos atau tidak itu dari Deskranasda Pemprov Bali," bebernya.

Menurutnya empat IKM yang lolos ini sudah pernah tampil di ajang PKB sebelumnya dan kegiatan Bali Bangkit. "Selama ajang PKB XLIV,  keterlibatan 4 IKM Tabanan ini gratis atau tidak dikenakan biaya. Sama seperti ajang serupa sebelumnya dalam kegiatan Bali Bangkit,” tandas AA Mirah Ariani. *des

Komentar