nusabali

Hadapi Jepang, Brasil Tak Tergantung pada Neymar

  • www.nusabali.com-hadapi-jepang-brasil-tak-tergantung-pada-neymar

TOKYO, NusaBali
Pelatih tim nasional Brasil Tite menegaskan, timnya tak menggantungkan nasib kepada Neymar.

Sebab generasi skuat yang meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 siap unjuk kebolehan di Piala Dunia 2022 Qatar.
Pekan lalu, Neymar memperlihatkan dirinya masih punya peranan besar bagi tim Selecao saat mencetak dua gol ke gawang Korea Selatan saat menang 5-1 dalam laga persahabatan. Dua gol itu membuat Neymar kini telah mengoleksi 73 gol untuk Brasil.

Torehan itu membuatnya Neymar hanya berjarak empat gol dari Pele yang memiliki rekor sebagai pemain timnas Brasil tersubur dengan 77 gol. Kendati demikian, Tite menolaj membesar-besarkan peranan Neymar. Dia bersikeras timnya kini tidak lagi menggantungkan nasib kepada eks pemain Paris Saint Germain itu.

Sementara Brasil sendiri bersiap menjalani laga persahabatan melawan Jepang di Tokyo, Senin (6/6) sore ini. Tite pun meyakini generasi baru sudah siap untuk menopang beban Tim Samba.

"Saya sudah menangani timnas cukup lama, dan selama itu saya melakukan banyak kesalahan juga mengambil beberapa keputusan bagus," kata Tite.

"Kami memiliki generasi baru yang muncul dan satu hal bagus yang saya lakukan adalah memberi kesempatan banyak pemain. Sekarang kami tidak lagi bergantung pada satu orang penyerang," ujar Tite menambahkan.

Di Tokyo musim panas setahun lalu, Brazil meraih medali emas Olimpiade seusai mengalahkan Spanyol 2-1 lewat babak tambahan waktu di partai final.

Richarlison dan Bruno Guimaraes yang berada di tim itu kini perlahan-lahan mampu bersaing merebut tempat utama di bawah Tite, dan asisten pelatih Cesar Sampaio menyebutnya sebagai "masalah menyenangkan" untuk dialami.

"Para pemain yang sudah berpengalaman dan pemain yang meraih emas Olimpiade di Jepang sekarang sudah bergabung," kata Sampaio. *ant

Komentar