nusabali

Dispertan Serahkan Subsidi Benih Padi kepada 112 Subak

Diberikan Secara Proporsional Sesuai Luas Lahan

  • www.nusabali.com-dispertan-serahkan-subsidi-benih-padi-kepada-112-subak

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Badung I Wayan Wijana menyerahkan secara simbolis subsidi benih padi kepada subak se-Kabupaten Badung, Senin (30/5).

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada Forkopimda Badung. Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Badung Putu Parwata, Anggota DPRD Badung I Gusti Lanang Umbara, Kepala Bapenda Badung I Made Sutama, perwakilan Forkopimda Badung, serta tamu undangan yang lain.

Kadispertan Badung I Wayan Wijana mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, mengatakan pandemi Covid-19 memberikan pelajaran penting, meskipun pemerintah melakukan pembatasan sosial, namun para petani tetap harus bekerja di sawah guna mempertahankan produksi pangan sekaligus memenuhi kebutuhan pokok pangan bagi masyarakat. “Oleh karena itu pada kesempatan ini, pemerintah mengucapkan terima kasih, sekaligus memberikan apresiasi khususnya kepada para pekaseh dan petani, berkat kerja keras menggarap lahan pertanian, kebutuhan pangan pokok terutama beras di Kabupaten Badung masih bisa terpenuhi dengan baik,” kata Wijana.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai wujud dukungan khususnya di sektor pertanian, pemerintah berkomitmen memberikan perhatian bagi kebutuhan dasar para petani. Berbagai program kegiatan sudah dirancang melalui pembangunan rehabilitas saluran irigasi, bantuan subsidi benih, pupuk non subsidi dan obat-obatan seperti pestisida, bantuan alat mesin pertanian, alat pasca panen, dan Jalan Usaha Tani (JUT).

“Sebagai bukti nyata komitmen dan perhatian terhadap sektor pertanian, maka pada hari ini (kemarin) saya menyerahkan subsidi benih padi secara simbolis kepada subak se-Kabupaten Badung. Diharapkan nanti dapat meningkatkan produktivitas padi pada lahan sawah seluas 9.495,35 hektar,” harap mantan Kabag Organisasi dan Tatak Laksana Setda Badung ini.

Di samping itu, Dispertan juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setingginya kepada Forkopimda Kabupaten Badung sudah ikut mendukung sekaligus ikut berpartisipasinya dalam menjaga ketahanan pangan di tengah situasi pandemi Covid-19.

Ketua Panitia selaku Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian I Ketut Gde Widiarta Negara, menambahkan subsidi benih padi diberikan kepada 117 subak se-Kabupaten Badung, terdiri dari 19 subak di Kecamatan Kuta Utara, 48 subak di Kecamatan Mengwi, 34 subak di Kecamatan Abiansemal, 16 subak di Kecamatan Petang, dan 1 subak di Kecamatan Kuta. Untuk luas lahan persawahan mencapai 9.495,35 hektar.

Adapun jumlah benih padi yang disubsidi sebanyak 237.384 kilogram. Volume bantuan dihitung secara proporsional, disesuaikan dengan luas lahan sawah yang digarap krama subak. “Penyaluran subsidi benih padi dimulai pada Mei sampai Desember 2022. Disesuaikan dengan jadwal tanam yang sudah ditentukan waktunya oleh masing-masing subak,” jelasnya. *asa

Komentar