nusabali

Puri Karangasem dan Taman Ujung jadi Venue Kunjungan Delegasi G20

  • www.nusabali.com-puri-karangasem-dan-taman-ujung-jadi-venue-kunjungan-delegasi-g20

AMLAPURA,NusaBali
Objek Wisata Puri Agung Karangasem di Jalan Sultan Agung, Amlapura, Kecamatan/Kabupaten Karangasem dan Taman Sukasada Ujung, Desa Tumbu, Kecamatan/Kabupaten Karangasem akan menjadi venue (lokasi) kunjungan para delegasi G20 pada November 2022 mendatang.

Kedua kawasan heritage andalan Kabupaten Karangasem ini, telah disurvei pihak panitia penyelenggara G20, pada Minggu (3/4) lalu. Survei objek wisata Puri Karangasem dan Taman Ujung ini untuk memastikan kondisi dan kelayakannya.

Hal itu diungkapkan langsung manggala Puri Agung Karangasem Anak Agung Bagus Partha Wijaya kepada NusaBali di Puri Agung Karangasem, Minggu (10/4) siang. “Sudah disurvei 3 April lalu. Kami telah jelaskan semua, mengenai sejarah Puri Agung Karangasem dan Objek Wisata Taman Sukasada Ujung. Nah, apakah dinilai layak dikunjungi oleh para delegasi G20, sampai saat ini belum ada konfirmasi lebih lanjut. Kita masih menunggu,” jelas Partha Wijaya.

Terkait rencana kunjungan delegasi G20 itu, Partha Wijaya menerangkan, di Puri Agung Karangasem kini menata kawasan. Mulai dipajangnya foto besar Raja Karangasem, yakni, Raja Karangasem XVI atau Raja Karangasem terakhir AA Anglurah Ktut Karangasem yang memerintah dari 1808-1941, dan foto panglingsir Puri Agung Karangasem AA Gde Putra Agung.

Begitu juga foto-foto Raja Karangasem ukuran kecil-kecil dipajang dicetak hitam putih, di antaranya, foto I Gusti Gde Karangasem (1840-1849), tiga Raja Karangasem bersaudara, I Gusti Gede Putu, I Gusti Gde Oka dan I Gusti Gde Jelantik (1849-1896) dan lain-lain.

AA Partha Wijaya juga telah merapikan kamar khusus Raja Karangasem, yang digunakan menerima tamu-tamu kenegaraan, lengkap dengan meja, kursi yang masih asli dan juga tempat tidur Raja Karangasem.

“Selain bangunan masih asli, juga ada foto-foto raja, dan peninggalannya berupa 14 keris pusaka,” jelasnya.  Kata Partha Wijaya, jika panitia G20 jadi mengagendakan berwisata ke Bali Timur, sudah pasti akan berkunjung ke Puri Agung Karangasem dan Taman Sukasada Ujung. “Kalau para delegasi ke Bali Timur, pasti arahnya ke Puri Agung Karangasem dan Taman Ujung,” ujar Partha Wijaya.

Sementara Kepala Badan Pengelola Taman Tirta Tirtagangga, di Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem AA Kosalia, juga berharap, dapat kunjungan Delegasi G20. “Paling tidak setelah dapat kunjungan, otomatis Objek Wisata Taman Tirtagangga bisa mendunia. Sebab, delegasi yang datang perwakilan dari negara-negara peserta G20,” harap AA Kosalia.*k16

Komentar